Connect with us

News

Jabodetabek Dominasi Lonjakan Trafik Layanan Data Smartfren Selama RAFI

Published

on

Lonjakan traffic data yang sepanjang bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442 H (RAFI) juga terjadi pada Smartfren. Dengan melakukan optimasi jaringan, peningkatan kapasitas, dan penerapan teknologi jaringan yang dinamis, Smartfren berhasil melayani lonjakan trafik layanan data pelanggannya. Optimasi jaringan Smartfren sendiri telah 100% selesai sejak memasuki Ramadan ditambah dengan peningkatan kapasitas yang dilakukan sesuai dengan meningkatnya trafik data.

Langkah-langkah yang dilakukan Smartfren telah memastikan pelanggan bisa menikmati jaringan Smartfren yang 100% 4G untuk mendukung kegiatan online seperti streaming, hingga silaturahmi menggunakan video call maupun media sosial.

Adapun peningkatan traffic data pada Ramadan dan Idul Fitri 1442 H secara year on year mencapai 36%. Wilayah yang memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan akses layanan data ini adalah Jabodetabek dan Jawa Tengah. Sedangkan kapasitas dan coverage nasional Smartfren, secara year on year telah berhasil ditingkatkan hingga rata-rata 14% sehingga dapat mengatasi peningkatan yang terjadi.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengatakan, “Kenaikan traffic data kali ini sedikit lebih tinggi dibandingkan prediksi, namun dapat ditangani dengan baik. Mayoritas kenaikan terjadi di wilayah pemukiman, mengingat saat ini tengah diterapkan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan banyak kegiatan yang dilakukan secara online dari lokasi masing-masing. Misalnya silaturahmi dengan kerabat menggunakan video call, akses media sosial, hingga streaming video.”

Jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi automatic switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat. Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam. Berkat rangkaian antisipasi tersebut, Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60%. Pada momen Idul Fitri kali ini, Smartfren tidak mengerahkan mobile combat BTS sama sekali, karena minimnya mobilitas masyarakat di tengah berlakukan aturan PPKM.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *