Connect with us

Product Info

Ragam Wujud Penampil Realitas Maya

Published

on

Saat ini produk VR headset sudah banyak tersedia, harganya pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan Rupiah. Namun, ada yang harus diperhatikan saat akan membeli VR headset karena saat ini ada dua jenis kacamata VR yang bisa Anda pilih, yaitu built in display VR dan Cardboard VR. Apa perbedaan keduanya? Simak ulasannya ya.

Built in Display VR Headset
Headset VR jenis ini merupakan perangkat kacamata VR mandiri atau standalone yang memiliki layar, prosesor, sensor, dan fitur audio sendiri. Perangkat lain yang dihubungkan dengan VR jenis ini hanya berfungsi untuk mengirimkan konten video dan audio yang akan dimainkan. VR dengan layar sendiri ini biasanya hadir dengan layar beresolusi tinggi dan fitur sensor yang lengkap. Sayang harganya pun masih cukup tinggi.

Produk-produk Built in Display VR Headset
oculus-rift1. Oculus Rift
VR Headset racikan Oculus ini hadir dengan layar beresolusi 2160 x 1200 pixel yang mampu menampilkan 233 juta pixel per detiknya. Oculus Rift mampu menampilkan gambar 3D secara sempurna, selain itu didukung pula teknologi audio yang memukau. Untuk menggunakannya, Anda bisa menghubungkan Oculus Rift dengan PC maupun game console via port DVI dan USB.

Harga: US$599
HYPERLINK “http://WWW.OCULUS.COM/”WWW.OCULUS.COM

HTC-Vive2. HTC Vive
Produk hasil kerjasama HTC dan pengembang game, Valve, ini disebut-sebut pesaing terdekat Oculus Rift. Vive memiliki layar internal beresolusi 2160 x 1200 pixel dan dilengkapi dengan 70 jenis sensor yang memungkinkannya melakukan 360 derajat head-tracking. Serupa dengan Oculus Rift, HTC Vive dapat dijalankan dengan dipasangkan pada komputer maupun game console. Saat ini HTC Vive sudah tersedia untuk pre-order.

Harga: US$799
HYPERLINK “http://WWW.HTCVR.COM/”WWW.HTCVR.COM

Sony-PlayStationVR2. Sony PlayStationVR
Sony membuat sebuah VR headset yang nantinya dapat digunakan bersama konsol PlayStation 4, yaitu PlayStation VR. Headset VR ini memiliki layar berukuran 5,7 inci dan menggunakan teknologi OLED. PlayStation VR mendukung tampilan gambar 120 fps di berbagai game PlayStation. Saat ini PlayStaion VR masih belum tersedia di pasar, Sony direncanakan akan merilis VR ini pada bulan Oktober mendatang.

Harga: US$399
HYPERLINK “http://WWW.SONY.COM/”WWW.SONY.COM

Cardboard VR
Dipelopori oleh Google saat mengenalkan Google Cardboard, headset VR jenis menggunakan smartphone sebagai layar dan penampil kontennya. Artinya semua konten, sensor dan audionya akan dijalankan sepenuhnya oleh ponsel pintar, headset VR hanya bergungsi sebagai kacamata untuk melihat konten dengan lebih maksimal. Headset VR jenis ini biasanya dilengkapi dengan lensa biconvex untuk menangkap tampilan 3 dimensi secara maksimal. Porduk Cardboard VR lebih beragam dari jenis dan harganya, Anda bahkan dapat membuat sendiri dari kardus bekas di rumah!

Produk-Produk Cardboard VR
Google-Cardboard1. Google Cardboard
Saat pertama kali dikenalkan pada tahun 2014, Google Cardboard sempat diragukan dapat menjadi headset VR, namun setelah mencobanya semua keraguan itu sirna. Sebaliknya, Cardboard kini menginspirasi banyak pihak untuk membuat produk serupa. Pada awalnya, Google membuat Cardboard dari kardus dan memberikan instruksi bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah. Untuk bisa menggunakan Cardboard, kita hanya perlu smartphone berlayar 4,5 inci ke atas dengan OS Android (4.4 ke atas) dan iOS. Saat ini Google juga menawarkan Cardboard di situsnya dengan berbagai pilihan model dan warna.

Haga: Gratis (buat sendiri), US$14,95 – US$120
HYPERLINK “http://WWW.GOOGLE.COM/INTl/ID_ID/GET/CARDBOARD/”WWW.GOOGLE.COM/INTl/ID_ID/GET/CARDBOARD/

Samsung-Gear-VR2. Samsung Gear VR
Samsung mengenalkan Gear VR pada November tahun lalu. Gear VR dapat digunakan dengan ponsel Galaxy Note 5, Galaxy S6/S6 Edge, Galaxy S7/S7 Edge. Sedikit berbeda dari Google Cardboard, Gear VR tidak hanya berfungsi sebagai kacamata VR tapi juga memiliki fungsi controller dengan hadirnya touchpad dan back button di sisinya. Gear VR juga memiliki sensor proximity yang dapat mendeteksi perangkat saat dimasukkan dan secara otomatis menjalankan mode VR.

Harga: US$99
HYPERLINK “http://WWW.SAMSUNG.COM/GLOBAL/GALAXY/WEARABLES/GEAR-VR/”WWW.SAMSUNG.COM/GLOBAL/GALAXY/WEARABLES/GEAR-VR/

vr_one3. VR ONE GX
Headset VR hasil racikan Zeiss ini dapat dipasangkan dengan berbagai jenis smartphone Android dan iOS yang memiliki layar 4,7 inci sampai 5,2 inci. Menariknya ONE GX dilengkapi dengan fitur AR (augemented reality) jadi pengalaman menontonnya lebih seru dan lengkap. Saat ini ONE GX sudah tersedia secara global, Anda juga bisa membelinya di situs Google Cardboard.

Harga: US$120
HYPERLINK “http://WWW.GOOGLE.COM/INTl/ID_ID/GET/CARDBOARD/”WWW.GOOGLE.COM/INTl/ID_ID/GET/CARDBOARD/