Connect with us

News

Samsung Galaxy Note 7 Siap Meluncur!

Published

on

Samsung akhirnya resmi mengenalkan generasi keenam Galaxy Note-nya, yaitu Galaxy Note 7. Gadget “pencatat” ini tampil dengan desain yang lebih besar ketimbang para pendahulunya. Namun itu tidak menyurutkan jutaan orang di dunia untuk menantikannya ada di genggaman mereka. Note 7 memang bukan sembarang gadget, apalagi Samsung menargetkan gadget ini dapat mendorong angka penjualan mereka jelang akhir tahun 2016 ini.

Kehadiran Galaxy Note 7 juga diperkirakan akan menjadi senjata utama Samsung dalam menghadapi Apple yang dikabarkan akan merilis iPhone 7 Plus pada akhir tahun ini. Persaingan pastinya akan berlangsung ketat, apalagi keduanya berada di segmen yang sama. Seri Galaxy Note yang sempat menciptakan istilah phablet yang merujuk smartphone berlayar besar (  5 inci ke atas), sempat terhenti saat Samsung berhenti di Galaxy Note 5. Galaxy Note 7 pun awalnya dikira akan hadir dengan nama Note 6.

Sebagai produk yang diandalkan untuk meraup sukses, Note 7 jelas dibekali dengan fitur-fitur “super” yang dapat memikat siapa pun untuk memilikinya. Nah, serkarang kita ulas dulu beberapa fitur baru di Note 7, mungkin ada gadgetarian yang mengincar ponsel ini, sebelum beli intip-intip dulu ya.

Layar

Note 7 mengusung layar sentuh berukuran 5,7 inci dengan resolusi Quad HD (1440 x 2560 pixel). Layar ini dilapisi kaca Gorilla Glass 5 yang membuatnya tahan terhadap goresan dan benturan. Ditambah lagi tubuhnya memiliki serifikasi IP68 (anti air dan debu). Layar Note mengusung teknologi Always On Display yang dapat selalu menampilkan informasi jam dan notifikasi lain meski layar dalam keadaan standby.

sider-1

Desain layarnya sendiri serupa dengan S7 Edge yang menampilkan lengkungan di sisi kanan-kirinya untuk memuat tombol pintas atau menu tambahan. Hanya saja, layar S7 Note tampak lebih luas karena tubuhnya yang bongsor.

S-Pen

Salah satu fitur ciri khas Galaxy Note adalah S-Pen. Di Note 7, Samsung melakukan sejumlah pembaruan di fitur ini dengan menghadirkan pena S-Pen berukuran seperti ballpoint pada umumnya sehingga lebih nyaman saat digunakan. Selain itu pena S-Pen Note 7 dilengkapi tombol fisik di dekat ujungnya yang lebih mudah diakses. Fitur baru lainnya di S-Pen adalah Magnify dan Translate, yang memungkinkan kita melakukan pembesaran gambar hingga 300 persen dan juga menerjemahkan kata dengan cepat.

 

Note-7-S-Pen.JPG

Pemindai Retina

Samsung tidak main-main saat menanamkan fitur pemindai mata atau irish scanner di Note 7. Pemindai mata ini menggunakan kamera depan, teknologi otentikasi biometrik yang dapat mengenali karakteristik retina pengguna secara akurat, dan dipadukan dengan lampu inframerah yang dapat membaca retina meski dalam keadaan gelap. Menurut Samsung, pemindai retina Note 7 dapat melakukan otentikasi dengan akurat meski pengguna menggunakan kacamata dan dapat mengenali wajah asli sang pengguna, akan menolak jika yang ditampilkan adalah foto, meski beresolusi tinggi. Bahkan saat gadgetarian menggunakan penutup mata, pemindai mata ini dapat memindai dengan akurat. Keren.

Iris-scanner.JPG

Prosesor

Samsung akan menerapkan dua versi prosesor yang berbeda untuk Note 7 yang beredar di Amerika dan Note 7 yang dijual ke negara lain. Untuk di AS, Note 7 akan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 820 Quad-core dengan arsitektur Kyro 64-bit yang memiliki clock rate hingga 2.2GHz di Note 7. Perangkat ini juga dilengkapi dengan kartu grafis Adreno 530 dengan dukungan OpenGL ES 3.1+ dan Vulkan API.

Note-7-processor.JPG

Sementara di versi internasionalnya, Note 7 akan menggunakan prosesor octa-core Exynos 8990 dengan clock speed mencapai 2.3GHz, serta mengusung kartu grafis ARM Mali-T880.

Software

Note 7 mengusung OS Android 6.0 Marshmallow yang dipadukan dengan UI TouchWiz racikan Samsung. Tampilannya lebih manis dengan ikon-ikon yang minimalis. Selain itu Note 7 juga hadir dengan EDGE UX yang dapat menampilkan menu pintas di homescreen dan di area layar lengkungnya.

Kamera

Note-7-camera-new

Fitur kamera di Note 7 juga menjadi perhatian berkat dibenamkannya kamera beresolusi 12 megapixel dengan sensor berukuran 1/2.5 inci. Kamera ini juga memiliki aperture f/1.7 dan lampu kilat LED untuk menangkap gambar di berbagai kondisi cahaya. Hebatnya lagi, kamera Note 7 dapat merekam video dengan kualitas 4K UHD yang memiliki kualitas layar TV UHD. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 megapixel dengan aperture lensa  f/1.7 serta mampu merekam video dengan kualitas quad HD (1440 x 2560 pixel).

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *