Connect with us

News

Nintendo Switch Inovatif!

Published

on

Nintendo selalu punya cara dalam membuat konsol game yang unik dan menarik, mulai dari Gameboy, NES, hingga Wii, yang membuat produknya selalu dinanti oleh para penggemar game. Terobosan yang dilakukan Nintendo juga tak jarang membuat gebrakan di industri game. Nah, kali ini perusahaan asal Jepang tersebut akan merilis konsol baru bernama Nintendo Switch pada Maret 2017.

Pada Kamis (20/7), Nintendo mengumumkan sebuah konsol game baru yang desainnya sangat inovatif, berbeda dari konsol game kebanyakan saat ini. Nintendo Switch adalah penggabungan konsol mobile dan home console, artinya pengguna dapat memainkan konsol ini di mana pun mereka berada.

Switch memilki bentuk seperti tablet PC dengan layar besar. Perangkat ini dapat dipasangkan dengan joystick di sisi kanan dan kirinya, mengubahnya menjadi perangkat game layaknya PSP atau NDS. Hebatnya, Switch dapat dimasukkan ke dalam dock (bernama Switch Dock) yang dapat mengubahnya jadi konsol game rumahan dan terhubung dengan TV.

Joystick-nya pun dapat digabungkan untuk menjadi controller utuh atau dipisah untuk berfungsi seperti Wii nunchuck controller. Nintendo telah mengumumkan kerja sama dengan sejumlah developer game, termasuk Ubisoft, Konami, EA, Capcom, Bethesda dan Epic, untuk membuat game Switch.

Untuk grafisnya, Switch akan didukung kartu grafis dari NVIDIA. Namun belum ada informasi lanjutan terkait harga dan fitur lainnya, seperti apakah Switch mendukung layar sentuh dan bisa memainkan game Wii.

Hadirnya Switch dipercaya akan mengubah industri konsol game yang beberapa tahun belakangan mandek dan minim inovasi, malah pasar mereka tergerus oleh smartphone yang kian hari kian handal memainkan game berkualitas tinggi. Apakah Gadgetarian tertarik dengan Switch seperti saya? Ngacuuung!