Connect with us

News

Rilis Baru: Ubuntu 17.04 Zesty Zapus

Published

on

Canonical resmi mengenalkan versi terbaru sistem operasi Linux besutannya, Ubuntu 17.04, yang kali ini mengusung nama “Zesty Zapus”. Meneruskan tradisi panjang seri xx.04, OS ini memiliki dukungan dan update keamanan selama sembilan bulan.

Ubuntu 17.04 didukung kernel Linux 4.10 serta sudah kompatibel dengan printer nirkabel. Desktop Ubuntu juga mengalami perbaikan dengan menerapkan GTK+ dan QT terbaru. Nah, kabar lainnya, Canonical telah memutuskan tidak akan melanjutkan pengembangan Unity UI-nya, yang saat ini masih digunakan di Ubuntu.

Ke depannya, Ubuntu akan menggunakan GNOME sebagai UI standarnya. Ini mengakhiri spekulasi pengembangan Unity yang beberapa tahun terakhir menjadi perbincangan karena gagal memenuhi target Canonical untuk menjadi UI universal yang hadir di perangkat mobile maupun PC.

Jadi buat Gadgetarian yang masih ingin menikmati Unity, Ubuntu 17.04 bisa jadi varian terakhir yang akan menggunakan UI ini. Selain Ubuntu versi Unity, versi terbaru para turunan Ubuntu, seperti Xubuntu, Lubuntu, Kubuntu, Ubuntu Gnomme, Ubuntu Kylin, Ubuntu Mate, Ubuntu Budgie, dan Ubuntu Studio, juga sudah siap di unduh.

Unduh Ubuntu 17.04 disini

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *