Connect with us

Product Info

Coolpad Cool Dual

Published

on

Salah satu pabrikan smartphone asal Tiongkok yang menggarap pasar Indonesia, Coolpad, baru saja merilis produk terbarunya yang bernama Cool Dual. Ponsel pintar berbasis OS Android 6 Marshmallow ini mengusung fitur yang saat ini sedang menjadi tren, yakni kamera. Bukan sekadar kamera, karena ponsel ini mengusung fitur dual camera yang menerapkan dua kamera sekaligus sebagai kamera utamanya.

Menurut pihak Coolpad Indonesia, dual camera mampu menghasilkan foto dengan komposisi gambar yang lebih baik ketimbang kamera tunggal konvensional. Nanti kita akan buktikan bersama seberapa mumpuni fitur dual camera Cool Dual ini.

Ponsel ini memiliki desain yang cukup menarik dengan balutan material logam di sebagian besar tubuhnya. Dari sisi jeroan pun ponsel ini tampil meyakinkan dengan dukungan prosesor octa-core dan RAM 3GB. Sayangnya, ponsel berlayar 5,5 inci ini hanya memiliki memori internal sebesar 32GB tanpa dukungan slot memori eksternal. Jadi, Gadgetarian mesti sedikit berusaha untuk memindahkan file dari kartu microSD saat beralih dari ponsel lama ke ponsel ini.

Kita langsung saja ya, membahas fitur dual camera di Cool Dual ini. Gadgetarian bisa melihat di bagian belakangnya, ada dua buah kamera tersusun secara vertikal. Keduanya merupakan kamera yang masing-masing beresolusi 13 megapixel, meski serupa keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Kamera di bagian atas berguna untuk menangkap gambar berwarna dengan konfigurasi RGB, sedangkan kamera bawahnya menangkap gambar monokrom alias hitam putih.

Kamera RGB berguna untuk menangkap detil warna dalam gambar, sementara kamera monokrom fokus pada menyerap cahaya secara maksimal di berbagai kondisi. Kombinasi keduanya dapat menghasilkan gambar yang minim noise di berbagai tingkat pencahayaan, termasuk di keadaan gelap. Dukungan lampu kilat LED sedikit banyak turut mendongkrak kemampuan kamera Cool Dual saat beraksi di tempat minim cahaya.

Dengan adanya dual camera ini, fitur kamera Cool Dual juga menawarkan berbagai mode pengaturan yang memainkan komposisi warna. Kita pun diberi keleluasaan untuk melakukan pengaturan secara manual layaknya menggunakan kamera DSLR.

Dalam tes yang TPlus Magz lakukan, kamera Cool Dual terbilang cukup mumpuni. Foto-foto yang dihasilkan mampu menampilkan warna yang mirip dengan kondisi aslinya. Di kondisi remang-remang, kamera ponsel ini sanggup mengintepretasikan warna dengan apik. Kita bisa mengubah mode kamera ke mode malam (night) untuk menambah daya tangkap cahayanya.

Kemampuan kamera utama Cool Dual juga didukung oleh lensa 6P-nya, yaitu lensa dengan enam layer plastik, yang dapat menangkap detil gambar dengan lebih baik. Kinerja kamera juga didukung prosesor dan kartu grafisnya yang bekerja cepat dalam melakukan pemrosesan. Hanya saja di mode malam, ada sedikit jeda karena kamera butuh waktu untuk memroses dan kita harus menjaga ponsel tetap pada tempatnya, jika tidak hasil foto akan goyang.

Untuk noise, Tplus Magz masih menemukan beberapa noise dalam foto meski hanya sedikit dan muncul di bagian tepi foto. So, masih okelah hasilnya. Karena itulah fungsi lampu kilat menjadi penting saat memotret di kondisi minim cahaya.

Fitur perekam video Cool Dual juga ikut terbantu dengan adanya dual camera ini, hasil rekamannya nyaris serupa dengan jepretan fotonya. Gambar yang dihasilkan menampilkan warna yang serupa dengan situasi sebenarnya. Video recording Cool Dual mendukung format 4K dan full HD 1080p, bagus banget untuk membuat video berkualitas tinggi tentunya.

Baterai berkapasitas 4.000 mAh yang diusung ponsel ini sedikit banyak membantu kita melakukan berbagai aktivitas dengan nyaman. Saat pengetesan, dengan kondisi baterai terisi penuh, kami gunakan untuk memotret, merekam video, browsing, chatting, main game, nonton video, plus mengedit foto secara nonstop, ponsel ini baru kehabisan daya setelah 1,5 hari.

Dengan harga 3 jutaan, Cool Dual layak masuk daftar buruan Gadgetarian yang ingin mengganti smartphone-nya. Fitur dan kemampuan kameranya tak kalah dari produk lain yang harganya jauh di atas Cool Dual.

Plus
Desain mewah dengan material yang kokoh dan nyaman saat digenggam
Fitur kamera utama dual camera (13 megapixel-13 megapixel)
Kamera depan 8 megapixel
Baterai 4.000 mAh
Kinerja cepat dan stabil
Memiliki fitur finger print

Minus
Tubuh ponsel memanas saat digunakan terlalu lama
Tidak ada slot kartu microSD
Tidak ada tombol fisik kamera

Harga: Rp 3.100.0000
Coolpad

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *