Connect with us

News

WhatsApp Segera Terapkan Fitur Penangkal “Hoax”

Published

on

Berita hoax dari hari ke hari kian meresahkan. Berita-berita bohong yang kerap meresahkan masyarakat ini biasanya menyebar melalui jaringan media sosial, seperti Facebook dan WhatsApp. Beberapa waktu lalu Facebook sudah menerapkan fitur khusus untuk menangkal berita hoax maupun unggahan yang berisi SARA. Nah, sementara di WhatsApp berita-berita semacam ini masih terus berseliweran hari ini.

Meski bukan sepenuhnya tanggung jawab dari penyedia layanan medsos, karena kita sebagai pengguna juga punya andil besar dalam hal ini, namun langkah antisipasi harus disediakan oleh pihak penyelenggara layanan. Nah, menanggapi isu tersebut, WhatsApp akhir bergeming dengan akan menyiapkan fitur untuk menghentikan penyebaran berita hoax.

Menurut informasi dari sejumlah sumber, WhatsApp akan menerapkan fitur yang dapat memberi peringatan kepada para penggunanya saat menerima pesan atau berita yang sudah di-forward lebih dari 25 kali. Tak hanya itu, peringatan tersebut juga akan dikirimkan kepada orang pertama yang membuat dan mengirim pesan atau berita itu. Nantinya, pengguna lain bisa memberikan masukan kepada WhatsApp terkait informasi berita yang disebar itu, jika banyak laporan yang meneyebutkan berita tersebut hoax, WhatsApp akan langsung memblokir pesan terkait.

Fitur tersebut kabarnya sedang diuji coba oleh WhatsApp, namun belum diketahui pasti cara kerjanya seperti apa dan kapan akan diluncurkan ke publik.Sembari menunggu fitur anti-hoax dari WhatsApp, TPlus Magz mengimbau kepada para Gadgetarian untuk lebih cermat dan berhati-hati saat menerima pesan berisi konten tidak jelas sumbernya dan provokatif. Sebelum ikut menyebarkan berita, ada baiknya kita memeriksa kontennya dengan teliti. Jika benar, maka tidak ada salahnya disebar, tapi kalau hoax jangan sampai kita ikut-ikutan menyebarkan. Dan perlu diingat ya, menyebarkan berita hoax itu sama saja menyebarkan fitnah. Hiii…

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *