Connect with us

News

XL Axiata Siap Kuasai Kalimantan

Published

on

Usaha XL Axiata untuk mengembangkan jaringannya di Kalimantan mulai menunjukkan hasil yang positif.  Setelah beberapa tahun terakhir XL Axiata membangun infrastruktur jaringannya di Kalimantan, kini Trafik layanan data di pulau ini meningkat cukup tajam.  Dari rilis yang dikeluarkan XL Axiata, terlihat kenaikan trafik layanan data dalam setahun terakhir di Kalimantan sebesar 43%.  Tahun ini, rencana perluasan jaringan antara lain akan mencakup wilayah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara serta membangun jaringan 4G melalui program Universal Service Obligation (USO) yang difokuskan di area-area pedalaman yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

Dalam tahun 2019 ini XL Axiata akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil di Kalimantan. Dengan adanya perluasan ini, maka jaringan data berkualitas XL Axiata telah menjangkau sekitar 54 kota/kabupaten atau lebih dari 96% populasi Kepulauan Kalimantan dengan didukung oleh lebih dari 7.000 BTS termasuk lebih dari 5.400 BTS data (3G/4G). Pembangunan infrastruktur jaringan ini juga didukung kabel serat optik antardaerah.

Sementara itu untuk Jaringan USO XL Axiata telah beroperasi di Kalimantan Barat, dengan total BTS 23 BTS yang terdapat di Ketapang 6 BTS, Bengkayang 4 BTS, Landak 2 BTS, Kayong Utara 1 BTS, Sambas 2 BTS dan di Sanggau 8 BTS, sedangkan di Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak total 7 BTS terdapat di Tabalong.  Jumlah pelanggan di Kalimantan hingga akhir Juni 2019, tercatat sekitar 1.7 juta pelanggan, dengan lebih dari 75% merupakan pelanggan data aktif. Jumlah tersebut meningkat sekitar 14% dari periode yang sama tahun lalu. Jika XL Axiata terus mengembangkan jaringannya lebih masif lagi bukan tidak mungkin XL Axiata bakal “menguasai” Kalimantan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *