News
Hasil Positif Kembali Diraih XL Axiata di Semester 1 2019

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali mencatatkan pencapaian kinerja yang baik di semester 1 2019, dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 11% YoY. Pertumbuhan ini merupakan efek dari peningkatan pendapatan layanan sebesar 15% YoY. Sementara itu, layanan data yang menjadi talang tunggung pendapatan XL tumbuh 29% YoY, yang berarti layanan data memberikan kontribusi sebesar 87% terhadap total pendapatan layanan di periode semester 1 2019 ini.
Kinerja yang baik dari XL Axiata juga berkat meningkatnya efisiensi biaya sehingga mendorong EBITDA meningkat 19% YoY dan EBITDA margin juga tumbuh 3% YoY. Pada periode semester 1 2019 ini, XL Axiata juga berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 282 miliar. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, “Kami masih terus fokus dan konsisten pada pelaksanaan strategi untuk mendorong dan meningkatkan bisnis layanan data. Sebagai hasilnya, kami mampu meningkatkan penetrasi smartphone sebesar 12% menjadi 86% pada akhir semester pertama tahun ini. ”

Sumber: XL Axiata
Pelanggan smartphone XL Axiata saat ini mencapai 48,6 juta di semester 1 2019, hal ini berarti meningkat 24% dari periode yang sama tahun lalu. Hingga kini total pelanggan XL Axiata juga berhasil tumbuh hingga mencapai 56,6 juta pelanggan atau meningkat 7% YoY. Keberhasilan XL Axiata dalam menarik pelanggan smartphone dan juga pertumbuhan pelanggan yang pesat di wilayah luar Jawa membuat pelanggan pascabayar meningkat menjadi lebih dari 1,05 juta. Peningkatan jumlah pelanggan tersebut, membuat ARPU blended juga mengalami peningkatkan sebesar 10% YoY menjadi Rp 34 ribu.
Kinerja positif yang ditunjukkan XL Axiata ini juga berkat keberhasilannya memanfatkan pelanggannya yang “lapar data” dengan memberikan beberapa program atau paket menarik. Strategi dual brand yang dilakukan XL Axiata dengan Axis untuk melayani segmen pasar layanan data yang berbeda turut mendorong pertumbuhan kinerja XL Axiata yang positif tahun ini. Pada kuartal kedua 2019, merek XL meluncurkan beberapa paket baru, antara lain “Xtra Rejeki” dengan manfaat cashback yang diluncurkan pada Ramadan lalu. Sementara itu, AXIS juga meluncurkan paket OWSEM dan BOOSTR yang menargetkan segmen pemuda dengan kuota untuk media sosial, musik, dan game.
Hal ini juga turut mendorong pertumbuhan EBITDA pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pendapatan, sehingga pada akhirnya juga membantu peningkatan meningkatkan marjin EBITDA. Trafik jaringan XL Axiata juga meningkat pesat sebesar 64% YoY di semester 1 2019. Hal ini terutama didorong oleh trafik data pada 4G karena mayoritas trafik data XL Axiata saat ini berada di jaringan 4G. Di semester 1 2019 ini, total pengguna layanan data XL Axiata mencapai 88% dari total pelanggan.
