Connect with us

News

AXIS Jaring Ide Pengembangan Aplikasi dari Para Mahasiswa

Published

on

CSR bidang pendidikan kini nampaknya sedang banyak digarap perusahaan-perusahaan besar di semua industri termasuk industri telekomunikasi.  Dana yang terbatas dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM terutama diusia dini seperti pelajar dan mahasiswa membuat CSR yang dilakukan perusahaan-perusahaan sangat membantu.  Untuk itu Axis sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan seluler juga mencoba mengembangkan bakat para mahasiswa melalui sebuah kontes.

AXIS mendukung berbagai program pengembangan karakteristik anak muda Indonesia agar terus berlanjut dengan menghadirkan AXISLABS 2023 yang mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi menuangkan ide dan gagasan kreatif dan mengembangkannya menjadi karya inovatif. Sejauh ini, program AXISLABS ini telah menghasilkan dua pengembangan fitur baru dari AXISNET.  Hasil dari kedua ide pengembangan fitur pada AXISLABS 2023 ini akan diluncurkan AXIS.

Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Bosch Sansa mengatakan, “AXIS bukan hanya brand untuk anak muda, tapi juga berkomitmen untuk bisa memberikan platform dan service yang terbaik untuk mereka. Untuk mendapatkan hal tersebut, melalui AXISLABS, kami bekerja bersama dengan anak muda untuk co-creating inovasi yang tepat bagi mereka.”

Berlangsung dalam periode Mei – November 2023, program ini telah menjaring lebih dari 2.000 peserta di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Berkolaborasi dengan Narasi, rangkaian program AXISLABS telah dimulai sejak Mei 2023 di enam universitas yang tersebar di ketiga kota besar tersebut, yaitu Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Bina Nusantara Jakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Islam Negri Sumatera Utara.

Para pemenang AXISLAB sedang memperkenalkan hasil karyanya kepada media di Jakarta

Dari 2.800 peserta yang mendaftar AXISLABS 2023 pada tahap awal, terpilih sekitar 150 orang yang kemudian lanjut ke sesi berikutnya yaitu interview. Dari sesi interview, akhirnya terpilih total 30 yang dibagi dalam 6 tim yang mewakili 3 kota tersebut. Seluruh tim yang terpilih ini kemudian diberikan beberapa workshop terkait dengan product ideation dan development.

Selanjutnya, selama satu bulan program, peserta juga di mentori langsung oleh para professional dari tim AXIS, dimana setiap minggunya selalu ada milestone yang harus di lewati mulai dari research dan insight, product ideation, campaign development, hingga pitching innovation.

Setelah satu bulan program, keenam tim finalist melanjutkan journey nya dengan presentasi proposal kepada Leaders dari XL Axiata. Berhasil keluar sebagai juara pertama adalah Tim dari Jakarta dengan studi kasus loyalty program Alifetime di AXISNET dan Runner Up tim dari Medan dengan studi kasus Fitur KATAAXIS di AXISNET.

Para pemenang memperoleh hadiah uang tunai senilai Rp 50 juta untuk juara pertama dan Rp 15 juta untuk runner up. Selain itu, terdapat benefit lain yang diperoleh para peserta dalam bentuk uang saku, facilitator yang mumpuni di bidang product development, hingga pemanfaatan co-working space di masing-masing kota yang bisa digunakan untuk tempat pertemuan hingga brainstorming.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *