Connect with us

News

Layanan Seluler Telkomsel di Jabodetabek Berangsur Pulih

Published

on

Banjir yang melanda Jabodetabek pada Tahun Baru 2020 lalu membuat infrastruktur telekomunikasi seluler turut terganggu.  Layanan seluler semua operator di wilayah Jabodetabek yang terdampak banjir tidak dapat secara maksimal melayani pelanggannya.  Mulai dari sinyal yang lemah hingga jaringan internet yang mati.  Namun tiga hari usai banjir, layanan seluler semua operator sudah kembali pulih seiring kembali teralirinya BTS-BTS yang sebelumnya mengalami pemadaman listrik karena tergenang banjir.

Aldin Hasyim selaku GM External Corporate Communications Telkomsel dalam siaran pers yang diterima redaksi mengungkapkan bahwa layanan suara, SMS maupun internet Telkomsel telah berfungsi normal, termasuk wilayah Bekasi dimana sebelumnya infrastruktur jaringan Telkomsel sempat terdampak bencana banjir yang mengakibatkan penurunan kualitas jaringan. Perangkat pendukung, terutama untuk pasokan listrik cadangan seperti perangkat baterai maupun mobile back-up power / mobile genset sudah disiagakan dan diaktifkan di sejumlah titik, khususnya di titik BTS yang masih terdampak.

Lebih lanjut Aldin menyebutkan bahwa Tim Teknis Telkomsel secara simultan terus melakukan pengecekan dan tetap berupaya maksimal untuk pemulihan layanan secara menyeluruh. Saat ini pengamanan kualitas jaringan juga diprioritaskan di sejumlah titik objek vital seperti Posko Penanggulanan Bencana, Bandara, serta Kantor instansi terkait yang membutuhkan akses telekomunikasi yang intensif.

Tak hanya memulihkan jaringan di wilayah Jabodetabek yang terdampak banjir, Telkomsel juga telah mengoperasikan tim unit siaga bencana, yaitu tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) dari titik terdekat untuk mendukung proses evakuasi korban terdampak bencana banjir di Jabotabek, terutama di wilayah Bekasi sekaligus membantu percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi.

Untuk membantu kebutuhan masyarakat terdampak bencana banjir, Manajemen Telkomsel juga sudah mulai mendirikan Posko Siaga yang menyediakan layanan telpon gratis, free charging,  serta penyediaan produk dan layanan Telkomsel, dan juga memberikan bantuan dalam bentuk kebutuhan logistik yang diserahkan melalui sejumlah titik posko penampungan korban banjir yang ada di beberapa titik di wilayah Jabotabek dan sekitar.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *