Connect with us

News

Tri Indonesia Catat Lonjakan Trafik Layanan Data 57%

Published

on

Hari ini 3 Indonesia melaporkan lonjakan trafik layanan datanya selama masa lebaran tahun ini.  Lalu lintas data 3 Indonesia saat Idul Fitri 1441H meningkat hingga 57% jika dibandingkan dengan hari pertama perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu. Seperti diduga sebelumnya, peningkatan layanan ini didominasi oleh penggunaan layanan aplikasi pesan dan telekonferensi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Duo.

Penggunaan Zoom meningkat hingga 87% pada hari pertama Idul Fitri jika dibandingkan dengan satu hari sebelumnya. Hal ini merupakan imbas dari anjuran pemerintah agar masyarakat tidak melakukan mudik pada tahun ini dan menggantinya dengan silaturahmi secara virtual.  Selain itu, lalu lintas data untuk penggunaan sosial media Instagram dan TikTok juga melonjak pada hari pertama Idul Fitri.

Jika dibandingkan dengan hari normal sebelum pembatasan sosial diberlakukan, kenaikan trafik data pada hari Idul Fitri terjadi sebesar 19%, dan jika dibandingkan dengan hari normal sejak diberlakukannya pembatasan sosial, kenaikan trafik pada hari Idul Fitri terjadi sebesar 8%. Untuk layanan SMS dan Voice mengalami penurunan sekitar 20% (SMS) dan 40% (voice) jika dibandingkan Idul Fitri tahun lalu. Hal ini dikarenakan pelanggan sudah banyak beralih menggunakan layanan aplikasi video/telekonferensi.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, adanya pandemi ini menjadikan silaturahmi lebih terbatas, banyak yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta. Komunikasi pun terjalin secara virtual dengan mengandalkan aplikasi pesan serta layanan panggilan video/telekonferensi. Optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan 4.5G Pro yang telah kami lakukan juga telah berhasil mengantisipasi kenaikan lalu lintas data dengan baik dan menjaga koneksi pelanggan 3 selama Hari Raya Idul Fitri.”Ujar M. Buldansyah, wakil presiden direktur 3 Indonesia.

Sementara itu Tri Indonesia juga melaporkan daerah yang mengalami kenaikak trafik tertinggi layanannya diantaranya Sumatera Utara (9%), dan Cianjur-Sukabumi (8%), dan kemudian diikuti oleh Karawang, Serang dan Tasikmalaya (7%).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *