Connect with us

News

16 Tahun OPPO, Inovasi Adalah Kunci

Published

on

Selama sepuluh tahun terakhir, persaingan di pasar ponsel tanah air seperti medan perang yang memperebutkan singgasana.  Belasan merek ponsel mencoba peruntungan di pasar ponsel Indonesia dan banyak pula yang babak belur bahkan menyerah.  Beberapa merek yang awal tahun 2000an menguasai pasar ponsel Indonesia pun bahkan terlempar dari persaingan bahkan menghilang.  Dalam persaingan ini ada sebuah merek yang menunjukkan konsistensi dalam membuat produk yang terbaik bagi konsumennya termasuk Indonesia. Dialah OPPO.

Hari ini, OPPO merayakan hari jadinya yang ke-16, menandai konsistensi sejarah perusahaan dalam hal inovasi dan perkembangan teknologi. Selama beberapa tahun terakhir, OPPO telah berkembang dari produsen ponsel menjadi inovator perangkat pintar. OPPO terus berupaya mengembangkan pertumbuhan secara global, dengan menawaran produk dan layanan teknologi berkualitas tinggi yang dirancang secara estetis kepada mitra dan penggunanya sekaligus terus mencari cara baru untuk memajukan industri di masa depan.

Pendiri dan CEO OPPO, Tony Chen.

“Kami sangat bersemangat dalam mencapai tonggak peringatan hari jadi ini. Saya juga sangat berterima kasih kepada mereka – mereka yang telah bergabung dengan OPPO dan berkolaborasi sepanjang perjalanan kami, sebagai pelanggan, mitra, ataupun karyawan, yang memberikan dukungan dan komitmennya selama 16 tahun terakhir untuk membantu mewujudkan OPPO menjadi perusahaan yang sukses.” kata pendiri dan CEO OPPO, Tony Chen.

Gadgetarian mungkin ingat dengan ponsel pertama OPPO yang masuk ke Indonesia yaitu FIND 5. Ponsel pertama OPPO di Indonesia tersebut sempat menggegerkan pasar ponsel nasional karena harga dan spesifikasinya yang premium.  FIND 5 yang dijual dengan harga Rp 6 jutaan itu dianggap terlalu mahal dibanding para kompetitor senegaranya.  Ponsel yang dirilis di Indonesia pada 2013 lalu itu memiliki spesifikasi RAM 2GB serta kamera 13MP yang termasuk mentereng pada tahun itu.

OPPO Find 5

Di Indonesia OPPO merupakan sebuah merek yang kini menjelma menjadi salah satu merek terpopuler di Indonesia.  Bahkan OPPO sempat merajai market share ponsel nasional pada 2019 lalu.  Ha yang menarik dari OPPO yang membuatnya semakin besar seperti saat ini adalah konsistensinya dalam membuat produk-produk yang inovatif.  Seringkali OPPO membuat ponsel yang memiliki desain atau teknologi yang menjadi masterpiece.  Kegemaran OPPO dalam membuat produk yang inovatif tersebut membuat semakin banyak penggemarnya di Indonesia.

Kualitas produk terbaik adalah salah satu hal yang tidak bisa ditawar oleh OPPO, dan hal ini terlihat dari keengganan OPPO menurunkan kualitas produknya demi mengejar harga. Menurut Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia, “Bukan enggan, sesungguhnya sangat bisa, apalagi dengan fasilitas pabrik yang dibangun di Indonesia. Namun dari awal kedatangannya, posisi OPPO adalah smartphone premium, kita tidak bisa melakukan kompromi terhadap komponen pada perangkat yang akhirnya melahirkan smartphone dengan harga yang murah. Harga yang diberikan OPPO sudah sesuai dengan kualitasnya, baik perangkat keras atau pun purna jual”.

Jajaran produk OPPO yang sudah beredar di Indonesia hingga saat ini memang merupakan produk yang premium.  Artinya selama ini OPPO seolah menghadirkan kualitas yang premium pada semua produknya mulai dari kelas yang terbawah hingga yang tertinggi seperti OPPO Find X.  OPPO memiliki R&D dan fasilitas penelitian lainnya yang akhirnya bisa menghasilkan produk dengan inovasi sehingga produknya dapat diterima dengan baik oleh pasar ponsel Indonesia.

Berkat R&D tersebut OPPO mampu membuat serangkaian terobosan teknologi baru dari 5G, kecerdasan buatan, teknologi pencitraan dan VOOC Flash Charging, dan dengan cepat mengaplikasikan pencapaian terbaru dalam teknologi ini kepada konsumen.  Selama ini pun OPPO memang dikenal sebagai produk ponsel yang memiliki keunggulan pada teknologi pencitraannya bahkan sejak hadir di Indonesia.

Gadgetarian mungkin masih ingat kehadiran OPPO N1 dengan kamera yang bisa berputar 360º sehingga kamera utama bisa digunakan untuk selfie.  Ini merupakan terobosan inovasi desain yang sangat bagus yang turut membesarkan nama OPPO di Indonesia dan juga di dunia.  Slogan Selfie Expert yang dibenamkan melambungkan OPPO F1s di pasar ponsel nasional berkat kualitas kamera dan fitur-fitur kamera yang ada di dalamnya.

Seiring perjalanan waktu OPPO kini berkembang tak hanya sebagai produsen ponsel namun beberapa produk IoT.  Dengan pembentukan Intelligent Mobile Devices Business Unit, memungkinkan OPPO merilis beberapa jenis produk IoT termasuk ear bud, jam tangan pintar, dan 5G CPE. Selain pasar ponsel pintar, OPPO berusaha keras untuk menciptakan sebuah ekosistem cerdas baru.  Sekali lagi OPPO menjawab tantangan persaingan dengan Inovasi tiada henti.  Selamat Ulang Tahun ke-16 OPPO.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *