Connect with us

News

Kerahkan Combat dan Genset, Telkomsel Pulihkan Jaringan di Mamuju dan Majene

Published

on

Usai bencana terjadi di Kabupaten Mamuju dan Majene Sulawesi Barat, jaringan seluler sempat mengalami gangguan termasuk jaringan seluler Telkomsel.  Untuk dapat tetap melayani pelanggan di daerah bencana, Telkomsel melakukan langkah cepat dengan mengerahkan perangkat darurat.  Telkomsel mengerahkan Mobile Backup Power (MBP) atau genset dan pengoperasian tambahan Compact Mobile BTS (COMBAT) di daerah yang mengalami gangguan.

Bencana gempa bumi berkekuatan 6,2 Magnitudo yang mengguncang Provinsi Sulawesi Barat khususnya wilayah Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju membuat beberapa BTS kehilangan tenaga akibat terputusnya aliran listrik.  Belum lagi beberapa menara roboh sehingga tidak bisa berfungsi maksimal.   Kehadiran Mobile Backup Power (MBP) atau genset dan pengoperasian tambahan Compact Mobile BTS (COMBAT) dapat kembali memfungsikan BTS dan COMBAT dapat menggantikan menara BTS yang tidak dapat berfungsi sambil menunggu perbaikan selesai.

Gerak cepat yang dilakukan Telkomsel ini juga berguna untuk koordinasi tim terkait seperti SAR, BNPB, dan TNI-Polri. Seiring dengan pemulihan jaringan di wilayah tersebut, guna memberikan kenyamanan komunikasi para pelanggan yang terdampak bencana wilayah Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Telkomsel menghadirkan paket khusus yang dapat digunakan untuk akses bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar, dan bebas telepon 100 menit ke sesama Telkomsel bagi pengguna pascabayar dengan masa aktif selama 7 hari sejak aktivasi.

Paket tersebut dapat diaktifkan melalui akses UMB *888*20# atau mengirimkan SMS dengan ketik SULBAR (untuk pengguna prabayar) atau SULBARKH (untuk pengguna pascabayar), lalu kirim ke 8999, dengan periode aktivasi paket mulai 16 – 31 Januari 2021.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, “Telkomsel turut berduka cita atas terjadinya bencana gemba bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Di saat seperti ini, guna mempercepat proses evakuasi dan bantuan penanggulangan bencana, komunikasi menjadi sangat penting, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi tim terkait seperti SAR, BNPB, dan TNI-Polri, dan pengkinian informasi terkait wilayah bencana kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Untuk itu, Telkomsel terus berupaya mendukung kelancaran komunikasi bagi semua pihak dengan mengoperasikan Mobile Backup Power (MBP) atau genset ke BTS di lokasi terdampak yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik, serta menghadirkan paket khusus darurat gempa agar proses komunikasi dan evakuasi di wilayah tersebut berjalan dengan lancar”.

Selain mendorong percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi secara menyeluruh Telkomsel juga akan segera menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan kepada para korban seperti bantuan logistik, antara lain makanan siap konsumsi, air mineral, obat-obatan, pakaian layak pakai, handuk, selimut dan membuka posko darurat selama 7 – 10 hari ke depan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *