Connect with us

Product Info

Samsung Galaxy A02s, Tampilan Menawan Kinerja Lumayan

Published

on

Samsung kembali menghadirkan ponsel entry levelnya di awal tahun 2021 ini. Ponsel yang hadir secara resmi di Indonesia pada 4 Januari 2021 ini memiliki postur yang mantab saat digenggam. Tak seperti ponsel entry level lainnya yang terasa ringan saat digenggam, Galaxy A02s memiliki bobot yang enak saat ditenteng. Tak hanya itu tampilannya pun nampak lebih trendi khas Galaxy A series. Nah seperti apa Galaxy A02s ini, yuk simak ulasannya berikut.

Galaxy A02s memiliki tampilan belakang yang khas Galaxy A series dengan guratan-guratan simetris membentuk garis-garis diagonal yang akan terasa teksturnya jika diraba. Bodi belakang yang didominasi oleh finishing doff ini selain enak dipandang juga membuat makin mantab digenggam. Bodi belakangnya polos tak ada apapun kecuali komposisi triple camera yang ada di pojok kiri atas dalam satu kotak lengkap dengan lampu LED. Bagian belakang Galaxy A02s ini juga nampak sepi lantaran tak ada finger print yang biasanya ada di bagian tengah.

Sementara itu bagian depannya tetap didominasi oleh layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 pixels yang terasa lega. Meski bezel di bagian bawah terlihat tebal namun kesan lega dari layarnya tetap terlihat. Apalagi terdapat kamera depan dengan desain dewdrop di tengah atas layar membuat tampilannya makin manis. Layar depannya menggunakan teknologi PLS-IPS yang dikembangkan Samsung dengan kecerahan layar yang lebih baik namun lebih murah.

Galaxy A02s menggunakan chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm) dengan CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 yang cukup bertenaga. Chipset ini umum digunakan oleh ponsel entry level dengan GPU Andreno 506. Untuk penggunaan sehari-hari sudah cukup lancar dengan komposisi chipset seperti ini. Memori yang digunakan Galaxy A02s juga cukup mumpuni untuk sebuah ponsel entry level dengan RAM sebesar 4GB dan ROM sebesar 64GB yang cukup lega. Dan tetap di sediakan slot untuk eksternal memori microSDXC untuk penyimpanan yang super lega.

Kinerja Galaxy A02s cukup lumayan saat diuji menggunakan GeekBenchmark memperoleh skor 495 untuk multicore dan 130 untuk single core. Untuk digunakan bermain game, ponsel ini masih nyaman seperti game asphalt serta game balapan lainnya masih bisa dimainkan tanpa kendala berarti. Juga untuk mengakses video streaming nampak tanpa kendala asalkan internet yang digunakan memiliki kecepatan yang cukup.

Lalu bagaimana dengan kameranya? Samsung menghadirkan tiga kamera pada Galaxy A02s dengan komposisi kamera utama dengan sensor 13MP, sedangkan dua kamera lainnya menggunakan sensor 2MP. Kedua kamera pendukungnya memiliki fungsi untuk bokeh dan juga macro. Kamera utamanya menggunakan lensa lebar dengan appreture f/2.2 untuk pengambilan gambar wide angle.

Untuk sebuah kamera entry level, Galaxy A02s memiliki fitur kamera yang cukup lengkap. Saat mengaktifkan kamera, Gadgetarian akan disuguhi beberapa mode pengambilan gambar seperti Fokus Live, Foto, Video serta lainnya. Pada folder lainnya terdapat mode pemotretan pro atau manual, panorama serta macro. Saat Gadgetarian menggunakan kamera utama, di layar akan tampil mode pengambilan gambar normal atau wide angle.

Hasil foto selfie

Lalu di pojok kanan atas terdapat ikon untuk mengaktifkan efek di dalamnya terdapat fitur kecantikan. Dengan efek ini Gadgetarian bisa mengatur hasil foto terutama wajah agar tampil semulus yang diinginkan. Tak lupa beberapa filter pewarnaan yang juga bisa diterapkan untuk video termasuk jika Gadgetarian akan membuat video hitam putih. Sedangkan baterai yang digunakan berkapasitas 5000 mAh yang membuat masa pakai ponsel ini cukup lama. Galaxy A02s bisa stand-by selama seminggu lebih serta bisa digunakan seharian penuh tanpa harus mengisi daya. Pengisiannya pun cukup cepat dengan fast charging 15W.

Harga:
Rp 1.749.000

Kesimpulan
Sebagai ponsel entry level, Galaxy A02s memiliki tampilan yang oke dan memberikan impresi yang bagus saat menggenggamnya. Sayangnya tampilan yang oke kurang diimbangi dengan kinerjanya yang pas-pasan meskipun menggunakan RAM sebesar 4GB. Padahan ponsel pesaingnya bisa menghadirkan kinerja yang jauh lebih baik.

Spesifikasi
Dimensi/berat:
164.2 x 75.9 x 9.1 mm/196 gr
Layar:
6,5 inci, PLS IPS, 720 x 1600 pixels
Chipset:
Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm), Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, Adreno 506, Android 10
Memori:
4GB RAM, 64GB ROM
Kamera utama:
13 MP, f/2.2, (wide), AF 2 MP, f/2.4, (macro), 2 MP, f/2.4, (depth) LED Flash light
Kamera depan:
5 MP, f/2.2
Video:
1080p@30fps
Koneksi:
USB Type C 2.0, Bluetooth, Wi-Fi Direct, hotspot
Baterai:
5000 mAh, 15W fast charging

Hasil foto menggunakan Samsung Galaxy A02s

wide angle

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *