News
Telkomsel Pulihkan Infrastruktur Jaringan di NTT

Bencana banjir bandang yang menimpa beberapa wilayah di NTT beberapa waktu lalu membuat infratruktur termasuk telekomunikasi juga mengalami kerusakan sehingga menimbulkan gangguan komunikasi. Meski demikian pemberian bantuan kepada para korban tetap diutamakan dan sudah dilakukan oleh beberapa pihak.
NTT yang hampir seluruh wilayahnya di cover oleh Telkomsel memberikan prioritas utama pemulihan jaringan dan layanan. Pemulihan di fokuskan pada beberapa area vital yang menjadi pusat penanggulangan bencana, seperti Kantor Pemerintahan, Kepolisian, Posko Pengungsian, Rumah Sakit dan Posko BASARNAS, agar dapat memudahkan proses evakuasi dan mempercepat operasional distribusi bantuan penanggulangan bencana.
Meskipun tak disebutkan apakah terdapat kerusakan dan gangguan pada infrastruktur Telkomsel di daerah bencana, sebagai upaya pemulihan sementara, Telkomsel mengoperasikan Mobile Backup Power (MBP) atau genset ke BTS di lokasi terdampak yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik, serta menghadirkan paket khusus bebas telepon agar proses komunikasi dan evakuasi di wilayah tersebut berjalan dengan lancar. Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa Bali Erwin Kusumawan menyampaikan, “Telkomsel memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh masyarakat atas dampak penurunan layanan yang terjadi khususnya di sejumlah titik di Provinsi NTT yang terdampak bencana.
Telkomsel memberikan bantuan telekomunikasi kepada pelanggannya yang terkena bencana dengan memberikan paket khusus yang dapat digunakan untuk akses bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar. Sedangkan bagi pengguna pascabayar terdapat paket bebas telepon 100 menit ke sesama pelanggan Telkomsel bagi pengguna pascabayar, dengan masa aktif selama 7 hari sejak aktivasi.
Paket tersebut dapat diaktifkan melalui UMB *888*20# atau dengan mengirimkan SMS dengan ketik NTT (untuk pengguna prabayar) atau NTTKH (untuk pengguna pascabayar), lalu kirim ke 8999, dengan periode aktivasi paket mulai 7 – 13 April 2021, dan berlaku maksimal satu kali aktivasi untuk tiap pelanggan.
Untuk turut memberikan bantuan kepada para korban, Telkomsel mengirimkan tim unit siaga bencana yang bekerjasama dengan BNPB yang bernama tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) dari wilayah terdekat bencana untuk membantu proses percepatan evakuasi dan mendirikan beberapa posko bantuan seperti di Kantor Walikota Kupang, Kantor BPBD Kupang dan Gereja Bethel Oespa bagi para korban yang terdampak.

Bantuan Telkomsel di Gereja Bethel Oespa bagi para korban yang terdampak.
