Smartfren Lakukan Ujicoba Jaringan 5G di Frekuensi Tinggi

Usai melakukan ujicoba pada 2019 lalu, kini Smartfren kembali melakukan ujicoba jaringan 5G dengan Kemkominfo.  Pengujian yang dilakukan Smartfren ini untuk melihat efektifitas kinerja jaringan di frekuensi tinggi.  Pada 2019 lalu Smartfren telah sukses melakukan pengujian 5G menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat. 

Pengujian tersebut memperlihatkan kecepatan 5G tembus sampai 8,7 Gbps di perangkat pemakai. Adapun pengujian tersebut diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone.

Kali ini Smartfren melakukan pengujian di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat, berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G.  

Mulyadi, ST., MT.,  Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo dalam pembukaan acara 5G Trial Kominfo bersama Smartfren di Galeri Smartfren Jakarta, Kamis (17/6/2021), mengatakan, “Hasil uji coba ini tentu saja kita tunggu bersama, karena kita ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G di masa depan.

Kedepan Smartfren diperkirakan akan menjalankan layanan di jaringan 5G dengan sasaran enterprise.  Hal ini mengingat frekuensi yang dijalankan Smartfren untuk 5G tidak didukung oleh ponsel.  Kalaupun bisa melayani masyarakat maka jaringan 5G Smartfren bisa dilakukan dengan menggunakan modem atau MiFi.

Hal ini terlihat dari ujicoba kali ini yang memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).  Berbeda dengan Telkomsel yang menggunakan frekuensi 2300 MHz yang banyak digunakan oleh ponsel 5G.

 

Start typing and press Enter to search