Connect with us

News

Dapat SKLO, XL Axiata Siap Ramaikan Layanan 5G di Indonesia

Published

on

Kabar gembira datang dari Medan Merdeka Barat Jakarta, Kantor Kementerian Kominfo.  Kabar tersebut adalah diberikannya Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO) yang diterima manajemen XL Axiata pada Kamis (12/8).  Dengan terbitnya SKLO, secara teknis seluruh prasarana yang telah dibangun XL Axiata untuk menggelar jaringan 5G telah siap dioperasikan.

Guna menggelar layanan 5G ini, XL Axiata menerapkan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) pada spektrum 1.800 MHz dan 2.100 MHz.  Layanan jaringan 5G ini akan dilakukan pada pita frekuensi 1800 MHz atau 1,8 GHz, dengan lebar pita 20 MHz dalam rentang 1807,5 MHz sd 1827,5 MHz.

Sesungguhnya secara teknologi dan jaringan, XL Axiata telah melakukan berbagai persiapan untuk menggelar jaringan 5G beberapa waktu lalu. XL Axiata menerapkan modernisasi perangkat jaringan radio untuk mempercepat adopsi 5G serta melakukan perluasan jaringan tulang punggung (back bone) fiber optik dan fiberisasi yang menjangkau seluruh wilayah operasi dan layanan XL Axiata.

Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan, “Hari ini, kita bersama menyambut PT XL Axiata Tbk yang baru saja mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) layanan 5G pada 6 Agustus 2021, setelah melakukan Uji Laik Operasi (ULO) pada 3-5 Agustus 2021 di area Jl. Margonda, Kota Depok. Dengan demikian kini layanan komersial 5G didukung oleh tiga operator telekomunikasi nasional dan ke depannya, kita tentu harus menjaga agar komersialisasi 5G dapat berkembang dengan baik di Indonesia.”

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate (kanan tengah) bersama dengan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini (kiri tengah) didampingi oleh Plt Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, DR. Ir Ismail M.T (kiri ) dan Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O. Baasir (kanan) menerima Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO) 5G di Jakarta, Kamis (12/8).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *