Connect with us

News

Fokus Jualan Offline, Xiaomi Bangun Ratusan Toko Lagi

Published

on

Di jaman serba digital esperti sekarang ini, menial produk secara online adalah sesuatu yang banyak dilakukan, apalagi di masa pandemi superti sekarang ini.  Namun menjual atau membeli secara online akan membuat pembeli tidak bisa merasakan langsung produknya.  Gadgetarian juga tidak bisa bertanya langsung terkait produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Namun Xiaomi memiliki strategi penjualan yang akan mengedepankan sistim offline ketimbang online.  Hal ini karena dengan sistim offline atau dating sender ke toko, Gadgetarian dapat mencoba dan merasakan sendiri produk yang akan dibeli.  Gadgetarian juga bisa bertanya sengam petugas Xiaomi secara langsung tanpa rasa takut dibohongi.  Harga yang diperoleh juga harga sebenarnya yang merupakan harga resmi tak ada takar menawar.

Untuk itu Xiaomi terus memperykuat infrastrukturnya dengan terus menambah toko dan mitra penjualannya di Indonesia.  Menurut Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, “Xiaomi kini juga memiliki infrastruktur yang kokoh seperti toko offline yang kini ada 3 ribuan serta 350 Mi store.  Xiaomi percaya dengan toko offline, pelanggan akan mendapatkan informasi dan harga yang pasti tidak dikurangi atau bahkan dibohongi.  Target kami hingga akhir tahun ini adalah memiliki 500 Mi Store.”

Selama ini Xiaomi bekerjasama dengan distributor besar untuk memasarkan produknya di seluruh Indonesia.  Namun jumlah distributor besar di Indonesia yang sedikit membuat satu daerah atau area hanya dikuasai oleh satu distributor saja. Sehingga gagasan untuk meletakkan dua atau lebih distributor dalam satu wilayah untuk meningkatkan daya saing tidak memungkinkan.  Sedikitnya distributor besar karena distributor besar harus memiliki cukup banyak dana untuk menjalankan bisnisnya. Untuk itu Xiaomi berencana untuk mendistribusikan sendiri atau menangani sendiri pemasarannya karena akan lebih efisien, itulah mengapa Xiaomi terus menggenjot jumlah tokonya di seluruh Indonesia.

Alvin juga mengungkapkan bahwa salah satu hal yang membuat Xiaomi menjadi yang terdepan sekarang ini adalah karena efisiensi yang dilakukannya.  Kehadiran Alvin Tse di media sosial untuk mempromosikan produknya sekaligus menjaring masukan dari masyarakat merupakan salah satu wujud efisiensi yang dilakukan Xiaomi.  Alvin percaya dengan efisiensi maka Xiaomi akan memiliki umur panjang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *