Connect with us

News

Indosat Ooredoo Siapkan 44 Pentabyte Setiap Hari Hadapi Naru

Published

on

Seperti tahun sebelumnya, masa libur Natal dan Tahun Baru (Naru) selalu ditandai dengan naiknya trafik layanan data seluler.  Indosat Ooredoo juga melakukan persiapan menghadapi lonjakan trafik layanan data selama masa libur Naru.  Sedikit berbeda dengan Naru sebelumnya, meski masa pandemi belum berakhir namun pemerintah tidak menerapkan PPKM selama Naru tahun ini sehingga berpotensi banyaknya pelanggan yang bergerak keluar Jakarta.

Berdasarkan analisa tren yang dilakukan, Indosat Ooredoo memprediksi kenaikan trafik layanan data sebesar 20%-25% dibandingkan hari biasa, dengan peningkatan tertinggi diperkirakan terjadi di wilayah Bodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara. Kapasitas jaringan yang disiapkan adalah 44 PB (Petabyte) per hari, lebih dari cukup untuk melayani puncak lalu lintas data dengan maraknya platform yang menyuguhkan konten video. Memasuki awal masa liburan NARU 2021, Indosat Ooredoo telah mencatatkan kenaikan traffic data sebesar 10% secara nasional.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengatakan, “Indosat Ooredoo siap menemani pelanggan mengisi masa liburan akhir tahun mereka dengan jaringan yang handal dan optimal melengkapi beberapa inisiatif digital yang telah diluncurkan. Kami berharap masyarakat Indonesia dapat mengisi waktu libur mereka bersama keluarga dan orang terdekat dengan hal-hal positif dan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia. Baru-baru ini kami juga telah meluncurkan layanan 5G di kota kelima tahun ini yang menandakan kami siap mendukung transformasi digital Indonesia.”

Baca juga: Telkomsel Siaga Naru dengan Optimalisasi Jaringan

Beberapa aktivitas peningkatan kualitas jaringan dilakukan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik dengan didukung lebih dari 70 ribu BTS 4G berkualitas video. Indosat Ooredoo mengaktifkan Command Center fisik terpusat selama perayaan Natal dan Tahun Baru untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan selama 24/7 yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomatisasi.

Peralatan & dasbor khusus telah disiapkan untuk pemantauan status kinerja jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif. Command Center juga melakukan pemantauan proaktif terhadap area publik dan pemukiman yang diprediksi akan mengalami lonjakan traffic, seperti tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *