Connect with us

News

Samsung Hadirkan Exynoss 2200, Ini Dia Kecanggihannya

Published

on

Samsung dikenal memiliki lini produk yang lengkap termasuk produk semikonduktor canggih yang banyak disematkan di ponsel pintarnya.  Samsung Electronics Co., Ltd., mengumumkan prosesor seluler premium barunya, Exynos 2200. Prosesor seluler yang baru dirancang dengan Samsung Xclipse graphics processing unit (GPU) ini berbasis arsitektur AMD RDNA 2. Dengan core CPU berbasis Arm® paling mutakhir yang tersedia di pasar saat ini dan neural processing unit (NPU) yang ditingkatkan.

Exynos 2200 bakal memberikan pengalaman terbaik bermain game di smartphone, serta meningkatkan pengalaman keseluruhan dalam aplikasi media sosial dan fotografi.   Xclipse GPU adalah sebuah prosesor grafis hybrid unik yang diposisikan antara konsol dan prosesor grafis seluler. Xclipse GPU akan mengakhiri era lama mobile gaming dan menandai dimulainya babak baru yang menarik.

Dengan arsitektur AMD RDNA 2 yang berperforma tinggi sebagai tulang punggungnya, Xclipse mewarisi fitur grafis canggih seperti ray tracing (RT) yang diakselerasi perangkat keras dan variable rate shading (VRS) dimana sebelumnya hanya tersedia di PC, laptop, dan konsol.

Ray tracing menghasilkan efek pencahayaan yang realistis untuk adegan yang dirender secara grafis. Samsung telah berkolaborasi dengan AMD untuk mewujudkan ray tracing dengan akselerasi perangkat keras pertama di industri pada GPU seluler. 

Variable rate shading memungkinkan developer menerapkan tingkat bayangan yang lebih rendah Sekaligus memberi GPU lebih banyak ruang untuk bekerja serta meningkatkan frame-rate untuk gameplay yang lebih mulus.  Selain itu, Xclipse GPU hadir dengan berbagai teknologi seperti advanced multi-IP governor (AMIGO) yang meningkatkan kinerja dan efisiensi secara keseluruhan.

Exynos 2200 juga mampu meningkatkan kinerja ponsel melalui jaringan 5G dengan mengintegrasikan modem 3GPP Release 16 5G cepat yang mendukung pita spektrum sub-6GHz dan mmWave (millimeter Wave). Dengan E-UTRAN New Radio – Dual Connectivity (EN-DC), yang memanfaatkan sinyal 4G LTE dan 5G NR, modem ini dapat meningkatkan kecepatan hingga 10Gbps.

Exynos 2200 yang saat ini sedang dalam produksi massal ini juga akan memberikan peninhgkatan kinerja fotografi karena NPU dan ISP menerapkan pengaturan optimal untuk warna, white balance, exposure, dynamic range, dan lainnya untuk menghasilkan gambar berkualitas profesional.  Dengan dukungan resolusi 8K, multi-format codec (MFC) canggih pada Exynos 2200 membuat video semakin hidup.  

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *