Connect with us

News

Intel Perkenalkan Max Series Untuk High Performance Computing

Published

on

Intel Corporation memperkenalkan Intel® Xeon® CPU Max Series (dengan nama sandi Sapphire Rapids HBM), dan Intel® Data Center GPU Max Series (dengan nama sandi Ponte Vecchio).  Keduanya merupakan anggota keluarga baru dari Intel Max Series yang merupakan produk terdepan untuk komputasi berperforma tinggi (high performance computing/HPC) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Produk-produk baru ini akan mendukung superkomputer Aurora di Argonne National Laboratory dengan informasi mengenai implementasinya dibagikan hari ini.

Xeon Max CPU bisa mengakselerasi banyak beban kerja HPC tanpa harus mengubah program karena CPU ini adalah prosesor berbasis x86 pertama dan satu-satunya dengan memori yang memiliki bandwidth tinggi.  Sedangkan GPU Max Series mampu memuat lebih dari 100 miliar transistor dalam kemasan 47-tile dengan memori berbandwidth tinggi hingga 128 gigabit (GB) karena memiliki densitas tertinggi.  Keduanya diberikan lingkungan pemrograman tunggal oleh Ekosistem  software  terbuka oneAPI. 2023 oneAPI dan alat AI dari Intel akan memberikan berbagai kemampuan yang bisa mengaktifkan fitur-fitur mutakhir dari produk Intel Max Series.

High performance computing (HPC) sangat penting karena merupakan teknologi terdepan yang memanfaatkan inovasi paling mutakhir dalam skala besar.  Hal ini untuk memecahkan tantangan-tantangan terbesar yang dihadapi ilmu pengetahuan dan masyarakat, mulai dari mengurangi dampak perubahan iklim, hingga menyembuhkan penyakit yang paling mematikan di dunia.  Dan intinya adalah para peneliti dan dunia akan bisa menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan lebih berkelanjutan dengan produk-produk Max Series.

Intel mengirimkan blade dengan GPU Max Series ke Argonne National Laboratory guna mendukung superkomputer Aurora, dan akan mengirim CPU Xeon Max ke Los Alamos National Laboratory, Kyoto University dan lokasi-lokasi superkomputer lainnya. Produk-produk Max Series sendiri dijadwalkan untuk meluncur pada Januari 2023.