Connect with us

News

Samsung Luncurkan Mode Untuk Lindungi Informasi Pribadi di Smartphone

Published

on

Jika Gadgetarian pernah mengalami pengalaman buruk seperti pencurian data pribadi di ponsel kini ada kabar gembira dari Samsung.  Pasalanya Samsung meluncurkan mode baru pada ponselnya yang akan memproteksi data diri Gadgetarian yang ada di smartphone dari kejahatan orang lain saat memegang smartphone kita.  Hal ini bisa terjadi ketika Gadgetarian memperbaiki smartphone dan ada kemungkinan data pribadi kita di ponsel akan dilihat oleh orang lain yang memperbaikinya.

Mode pengaman besutan Samsung Electronics Co., Ltd. ini adalah Maintenance Mode dan telah telah memulai peluncuran global.  Walaupun fitur privasi baru yang hadir ini sementara hanya untuk perangkat Samsung Galaxy tertentu, mengikuti pilot program yang sukses di Korea dan peluncuran awal di Cina.  Menurut Samsung, Maintenance Mode baru tersedia pada perangkat Samsung Galaxy tertentu yang menjalankan One UI 5 atau versi yang lebih baru, termasuk Galaxy S21 dan S22 series.

Samsung meyakini Maintenance Mode dapat mengurangi kecemasan pengguna Samsung Galaxy yang timbul ketika memberikan perangkat pribadi kepada orang lain saat perbaikan atau bahkan dengan orang terdekat kita sekalipun. Dengan memampukan pengguna memblokir akses ke informasi pribadi mereka, seperti foto, pesan, atau daftar kontak mereka maka orang lain tak akan bisa mengintip informasi pribadi kita lagi.

“Seluruh hidup kita ada di ponsel kita, dari informasi kartu kredit hingga foto keluarga. Dengan Maintenance Mode, kami memberikan jaminan ekstra bahwa pengguna Galaxy dapat menjaga privasi mereka, bahkan jika mereka menyerahkan ponsel kepada orang lain,” kata Seungwon Shin, VP and Head of Security Team Mobile eXperience Business, Samsung Electronics. “Ini hanyalah contoh terbaru dari upaya terus-menerus kami untuk memperkenalkan cara baru yang membuat pengguna merasa aman dan memegang kendali, sehingga mereka dapat menjelajahi pengalaman seluler baru dengan tenang, mengetahui bahwa kami menjaga mereka.”

Maintenance Mode adalah sebuah cara untuk membuat sebuah akun pengguna yang terpisah saat Anda menyerahkan perangkat untuk diperbaiki, sehingga pihak teknisi dapat mengoperasikan fungsi inti tanpa dapat mengakses informasi pribadi Anda. Yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memilih Maintenance Mode di menu ‘Battery and device care’ di dalam ‘Settings’, dan me-reboot smartphone mereka. Segera setelah proses reboot, semua informasi pribadi mereka termasuk foto, dokumen, dan pesan mereka akan dibatasi.

Setelah Maintenance Mode diaktifkan, orang yang dipercayakan untuk menangani perangkat juga tidak akan dapat mengambil aplikasi yang diinstal pengguna. Data atau akun yang dihasilkan saat menggunakan Maintenance Mode akan dihapus secara otomatis segera setelah pemilik keluar dari Maintenance Mode. Mereka akan dapat mengunduh aplikasi di Galaxy Store, tetapi aplikasi tersebut akan dihapus secara otomatis bersama dengan data atau akun apa pun yang dibuat segera setelah pemilik keluar dari Maintenance Mode.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *