Connect with us

News

Telkomsel Sukses Layani Pelanggannya Selama Periode NARU

Published

on

Setiap tahun kemeriahan Natal dan Tahun Baru (NARU) semakin bertambah seiring dengan makin menurunnya pandemi dan dihapuskannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).  Penghapusan PPKM ini membuat masyarakat semakin leluasa untuk beraktifitas di luar ruangan.  Karenanya NARU kali ini terlihat kemeriahan dan suka cita yang lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.  Hal ini juga mendorong tingginya arus mudik Natal dan liburan akhir tahun di beberapa wilayah terutama yang memiliki tempat wisata seperti Yogyakarta dan Bali.

Hal ini mendorong tingginya penggunaan layanan data oleh masyarakat untuk berbagai platform oleh semua operator seluler termasuk Telkomsel. Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (tumbuh 2,9 persen), Jawa Barat (naik 2 persen), dan Sumatera Utara & Aceh (meningkat hingga 1,5 persen).

Trafik akses broadband Telkomsel tercatat tumbuh 11,6 persen dibanding rerata hari biasa 2022, atau melonjak hingga 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.  Selama momen perayaan NARU 2022/2023, peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 11,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa di tahun 2022 atau sekira 13 persen jika dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 49,8 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode NARU 2022/2023 tersebut didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen, video streaming sekira 6,1 persen, mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing yang tumbuh 79,8 persen, dan layanan e-commerce yang turun hingga 0,3 persen. Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit seperti WhatsApp (tumbuh 32,9 persen), TikTok (meningkat 11,3 persen), Instagram (naik 24,6 persen), YouTube (turun 0,9 persen) dan Facebook (naik 6,5 persen). Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen.

Secara umum tak ada kendala berarti atau kejadian luar biasa yang mengganggu layanan data Telkomsel selama NARU.  Hal ini karena Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/ virtual.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *