Connect with us

News

OPPO Kembali Pertegas Komitmennya Pada Pelestarian Lingkungan

Published

on

Dalam beberapa tahun terakhir banyak perusahaan teknologi yang gencar mengkampanyekan pelestarian lingkungan tak terkecuali OPPO.  Produsen gadget asal Tiongkok ini juga mengkampanyekan pelestarian lingkungan bahkan mengaplikasikannya pada proses produksi pada semua pabriknya di seluruh dunia. OPPO meyakini bahwa upaya pelestarian lingkungan yang lebih baik dapat dilakukan dengan cara mendorong perkembangan sains dan teknologi.

Setelah penelitian dan analisis selama bertahun-tahun, OPPO meluncurkan OPPO Climate Action Report: Climate Pledges and Low Carbon Development Strategy di ajang Mobile World Congress 2023 (MWC 2023). Dalam laporan tersebut, OPPO berkomitmen untuk menerapkan prinsip carbon neutrality pada seluruh kegiatan operasionalnya pada tahun 2050. Laporan yang disusun atas dukungan konsultan global Deloitte ini menguraikan lima aspek utama yang akan diprioritaskan OPPO.

Kelima aspek utama tersebut adalah manufaktur rendah karbon, mengurangi jejak karbon, berinvestasi untuk menjalani usaha yang menghasilkan sedikit karbon, memanfaatkan teknologi digital untuk mengelola emisi karbon, dan berkolaborasi untuk menciptakan standar industri dan mengatasi perubahan iklim.

Sejak tahun 2020, OPPO menerbitkan sustainability report setiap tahunnya untuk membahas rencana dan kemajuan perusahaan dalam merealisasikan sustainability goals. Di tahun 2022, OPPO juga menyusun data lengkap mengenai berbagai kegiatan operasionalnya yang menghasilkan emisi karbon. OPPO kemudian menggunakan data tersebut untuk melakukan penelitan untuk membentuk strategi pengurangan emisi karbon.

Saat tampil ajang MWC 2023, Tony Chen, OPPO Founder and CEO, mengatakan,“Menerapkan prinsip carbon neutrality memerlukan tekad dan kesabaran. Sejalan dengan misi perusahaan yaitu ‘Teknologi untuk Umat Manusia, Kebaikan untuk Dunia’, kami berkomitmen untuk menerapkan prinsip carbon neutrality dengan kesungguhan yang sama pada saat kami menciptakan inovasi teknologi.”

Berdasarkan laporan internal yang disusun oleh OPPO, kegiatan operasional pabrik dan pusat data merupakan dua sumber penghasil emisi karbon paling tinggi. Pabrik dan pusat data masing-masing menghasilkan emisi karbon sebesar 62% dan 31,9% dari seluruh kegiatan operasional OPPO. Selain mendorong pertumbuhan bisnis, OPPO juga menjajaki berbagai inovasi baru untuk memastikan bahwa seluruh manufaktur dan kegiatan usaha menjadi lebih ramah lingkungan. Hingga akhir tahun 2022, OPPO mampu mengurangi emisi karbon hingga 6.000 ton setiap tahunnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *