Connect with us

News

Pasar Laptop Indonesia Mulai Jenuh, Laptop Gaming Tumbuh

Published

on

Masa pandemi yang kita jalani selama hampir tiga tahun mengubah cara kita belajar dan bekerja yang semuanya secara online.  Masa ini membuat masyarakat membutuhkan perangkat pintar untuk bekerja dan belajar seperti smartphone, tablet dan juga laptop.  Hal inilah yang membuat penjualan tablet maupun laptop meningkat di masa pandemi sehingga banyak yang memiliki laptop.

Namun peningkatan penjualan itu memberikan dampak pada tahun 2023 ini karena diperkirakan daya beli laptop di tahun ini akan turun terutama untuk laptop yang berharga dibawah Rp 10 jutaan.  Laptop kelas menengah banyak dicari saat pandemi sehingga kini banyak masyarakat yang memiliki laptop dengan kondisi yang terbilang masih baru.

Namun ditengah perkiraan akan menurunnya angka penjualan laptop di Indonesia, ternyata laptop gaming justru bertahan karena meskipun juga mengalami penurunan namun peminatnya masih sangat tinggi.  Saat peluncuran ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition, PR Manager ASUS Indonesia, M. Firman mengungkapkan bahwa pertumbuhan laptop gaming masih sangat bagus terutama untuk yang segmen harga diatas Rp 20 jutaan untuk ukuran layar 16″.

Untuk segmen ini ASUS masih memegang kendali dengan penguasaan pasar sebesar 38% di Indonesia.  Di segmen harga diatas Rp 20 juta, pengguna laptop gaming menyukai laptop dengan ukuran layar 15″ dan disusul dengan ukuran layar 16″.  Hal ini karena ukuran layar 15″ dirasa sangat pas untuk digunakan secara mobile atau berpindah-pindah dengan bodi yang tak terlalu besar.  Namun banyak yang kini mulai meminati laptop 16″ karena body ratio layarnya yang semakin tipis.

Karenanya di Q1 2023 ini,  ASUS memperkenalkan TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617), yaitu laptop gaming military grade pertama di dunia yang ditenagai oleh kombinasi CPU serta GPU dari AMD. TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) tidak hanya sekadar tangguh secara fisik, tetapi juga dalam hal performa serta efisiensi daya. Hal tersebut berkat kombinsasi penggunaan CPU AMD Ryzen™ 7 7735HS serta GPU AMD Radeon™ RX7600S.

Salah satu keunggulan laptop gaming ASUS ini merupakan laptop gaming pertama dengan screen to body ratio hingga 90% yang membuat ukurannya semakin pas untuk digunakan dimana-mana.  Hadirnya laptop gaming yang dibanderol dengan harga Rp20.299.000 (FHD+ 165Hz) ini merupakan bukti optimisme ASUS dalam menghadapi pangsa pasar laptop gaming di Indonesia kedepannya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *