Connect with us

News

Shipment realme & Infinix Tumbuh Yang Lain Runtuh

Published

on

2023 hampir memasuki pertengahan tahun dan hingga kini sudah cukup banyak produk baru yang muncul di awal 2023 ini hingga sekarang.  Semua merek smartphone sudah memuntahkan beberapa amunisinya untuk bersaing memperebutkan hati pelanggan di Indonesia.  Produk smartphone yang bervariasi turut mendongkrak laju pengiriman pada Q1 2023.  Meski demikian segmen entry level dan menengah menjadi tulang punggung penjualan smartphone di Q1 2023.

Menurut Counterpoint Monthly Indonesia Tracker terbaru (19/5/2023), realme mencatat peningkatan pengiriman di Q1 2023 sebesar 8,1% YoY dibandingkan periode yang sama tahun lalu.  Selain realme ada pula Infinix yang bahkan mencatat pertumbuhan paling fantastis yaitu sebesar 36,4% sedangkan realme tumbuh 8,1%.  realme dan Infinix menjadi dua merek yang mencatatkan pertumbuhan karena merek lainnya justru mencatatkan penurunan meskipun masih menguasai pangsa pasar smartphone Indonesia.   Jika kita hanya mengambil hingga posisi lima besar saja maka realme menjadi satu-satunya merek yang shipmentnya tumbuh positif pada Q1 2023.

Empat penguasa pasar smartphone Indonesia lainnya justru mencatatkan penurunan yang cukup tinggi, dimana vivo dan Xiaomi menjadi merek dengan shipment terburuk pada Q1 2023 dengan mencatat penurunan sebesar 24,7%.  Sedangkan dua pemuncak yaitu OPPO dan Samsung mencatat penurunan namun hanya sekira 6,5% hingga 6,7% saja.   Sehingga OPPO dan Samsung masih berjaya menguasai pasar smartphone Indonesia dengan 22,9% untuk OPPO dan 18,2% untuk Samsung.

Tumbuhnya shipment smartphone realme dan Infinix seolah menjadi bukti bahwa smartphone entry level menjadi idola bagi konsumen di Indonesia.  Hal ini karena realme dan Infinix merupakan merek yang paling banyak menghadirkan smartphone entry level.  Apalagi kini smartphone entry level dari kedua merek ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi sehingga memiliki value for money yang sangat baik.  Hal inilah yang membuat kedua merek tersebut mampu tumbuh di Q1 2023 ini.

Dari data Counterpoint Monthly Indonesia Tracker terbaru tersebut secara keseluruhan pengiriman smartphone di Indonesia pada Q1 2023 mengalami penurunan 7,6% YoY meskipun terdapat momen Ramadan dan Idul Fitri.  realme mengklaim bahwa seri C menjadi penopang pertumbuhan shipmentnya di Indonesia selama Q1 2023 ini dengan C55 NFC motor penggeraknya.  Meluncurkan realme C55 NFC sebelum bulan Ramadan terbukti dapat memikat perhatian konsumen di pasar, terutama saat momen Ramadan lalu.

“Hal ini membuktikan bahwa produk kami mendapatkan penerimaan yang baik di masyarakat dan pencapaian luar biasa dalam hal penjualan, terutama melalui realme C55 NFC. Tentunya kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak dan khususnya realme Fans yang membuat kami dapat menorehkan pencapaian yang membanggakan ini,” kata Michonne Wang – Marketing Director realme Indonesia.

Sementara itu Infinix juga gemar menghadirkan smartphone entry level selama Q1 2023 dengan seri Smart dan HOT.  Keduanya merupakan smartphone entry level dengan spesifikasi yang mampu memikat konsumennya di Indonesia.  Seri HOT bahkan kini menghadirkan produk baru dengan memori yang ekstra besar dengan harga dibawah Rp 2 juta.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *