Connect with us

News

Berhasil Jual 8 Juta Unit TV, Sharp Masih Pimpin Pasar TV Indonesia

Published

on

Persaingan TV di Indonesia nampaknya semakin seru saja dengan semakin banyaknya produk baru yang dikeluarkan para produsen ke Indonesia.  Masa pandemi yang membuat orang banyak berdiam di rumah dan melaksanakan aktifitas di dalam rumah membuat penjualan alat rumah tangga termasuk TV menjadi meningkat.  Pada Acara peluncuran TV  Sharp AQUOS XLED, PT Sharp Electronics Indonesia memaparkan data penjualan TV secara nasional di Indonesia yang terus tumbuh meskipun tidak terlalu tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Selama 2022 terdapat 3,7 juta TV yang berhasil dijual di Indonesia dengan nilai lebih dari Rp 13,5 Triliun.  Sharp sendiri selama periode 2001 hingga Juni 2023 telah berhasil menjual sebanyak 8 juta unit TV di Indonesia.  Hal ini membuktikan bahwa di era gadget seperti saat ini masyarakat masih membutuhkan TV untuk berbagai kebutuhan termasuk hiburan.  Hal ini karena kini hampir semua TV yang dijual merupakan smart TV yang bisa terkoneksi dengan internet.  Dengan TV, Gadgetarian bisa menikmati tayangan internet dengan layar yang lebih besar.

Sharp Indonesia juga mengungkapkan bahwa kini tren penjualan TV di bawah 50 inci justru terus menurun dan penjualan TV diatas 55 inci hingga 70 inci justru meningkat.  Pada tahun 2022 lalu, penjualan TV 24 inci di Indonesia menurun hingga 7% sedangkan peminat TV 32 inci anjlok hingga 31,3%.  Sedangkan penjualan TV dengan lebar 55 inci dan 60 inci  tumbuh sebesar 9,3% sedangkan TV 70 inci  meningkat rata-rata sebesar 6,1%.

Data tersebut menunjukkan minat yang sangat tinggi bagi masyarakat terhadap TV layar lebar. Hal inilah yang membuat beberapa produsen TV lebih getol membuat TV layar lebar karena pasarnya di Indonesia masih sangat besar.  Salah satu pemicunya adalah karena harga jual TV yang semakin terjangkau termasuk TV layar lebar.  Sehingga masyarakat lebih memilih layar lebar karena harga yang kini semakin terjangkau dengah perbedaan harga yang tak terlalu jauh dengan TV sedang. Selain itu daya beli masyarakat terhadap TV layar lebar juga semakin meningkat.

Produsen TV juga tak semata-mata membuat TV dengan layar yang semakin besar, namun juga memberikan banyak fitur yang menarik pembeli.  Salah satunya adalah dengan menghadirkan audio yang semakin bagus mengingat kualitas tayangan streaming kini juga semakin baik.  Segmen pemain game juga menjadi sasaran tembak para produsen TV dengan menghadirkan banyak TV dengan berbagai fitur untuk bermain game serta membenamkan prosesor yang mampu membuat permainan menjadi lebih lancar tanpa jeda.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *