Connect with us

News

Melalui Rangkaian 100% untuk Indonesia

Published

on

Meskipun Indonesia sudah memasuki era digital dimana sebagian besar masyarakatnya sudah menggunakan gadget dan internet dalam kehidupannya sehari-hari namun ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang juga belum terjangkau internet.  Bahkan masih banyak yang sudah menggunakan internet namun belum memanfaatkannya secara maksimal untuk hal-hal yang produktif.  Untuk mengedukasi masyarakat agar bisa memanfaatkan internet untuk hal-hal yang produktif dibutuhkan peran pihak swasta seperti Smartfren. 

Operator seluler dengan jangkauan layanan 4G terluas di Indonesia ini terpanggil untuk mendorong peningkatan literasi digital bagi pelanggannya serta masyarakat Indonesia secara luas.  Sebagai sebuah perusahaan publik, Smartfren memiliki program CSR yang digunakan untuk mengedukasi masyarakat agar bisa menggunakan internet dengan bijak dan bermanfaat. 

Salah satu usaha Smartfren dalam mengedukasi masyarakat adalah dengan gerakan “100% untuk Indonesia”  yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat, serta mendukung pemanfaatan internet sebagai sarana membuka peluang dan berkarya. 

Dalam gerakan tersebut, Smartfren sebagai salah satu penyedia internet terbaik dan komunikasi di Indonesia, membuat beberapa sub-tema demi mendukung Gerakan 100% untuk Indonesia seperti:

  • Teman Pintar Indonesia. Program ini memberikan pemahaman yang mendalam mengenai literasi digital lewat komunitas edukasi dan pedesaan.
  • Teman Kreasi Indonesia. Sebuah wadah kreativitas dan entrepreneurship generasi muda Tanah Air.
  • Teman UMKM Indonesia: Mendorong UMKM untuk terus berkembang dan naik kelas lewat digitalisasi.
  • WOW 100% untuk Indonesia: Rangkaian aktivitas komunitas dan keseruan bernafaskan budaya lokal.

Smartfren mendukung pengembangan potensi sosial, ekonomi, dan budaya Indonesia dengan serangkaian acara 100% untuk Indonesia.  Dalam acara ini terdapat berbagai kegiatan, seperti pelatihan literasi digital, dukungan UMKM, dan kegiatan sosial lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih maju.

Dengan program ini Smartfren terus memperluas jangkauan program Teman Pintar Indonesia dengan menggelar serangkaian kegiatan pengembangan kreativitas bagi anak-anak dan literasi digital untuk para ibu serta pelajar.

Dani Akhyar, Head of Community Development & Public Relation Smartfren mengatakan, ”Smartfren mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam menyatukan perbedaan dan menjadikan perbedaan yang kita miliki sebagai inspirasi berkarya dan menyebarkan sikap positif. Harapannya, dari rangkaian inisiatif gerakan 100% untuk Indonesia ini dapat memicu perkembangan berbagai potensi sosial, ekonomi dan budaya di berbagai kota di tanah air.”

Guna menjalankan rangkaian kegiatan tersebut Smartfren Community menjalin kerja sama yang erat dengan berbagai pihak. Salah satunya di di Bandung Barat, Smartfren Community menandatangani nota kesepahaman dengan Dinas  Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bandung Barat; demi memperluas program literasi digital untuk anak-anak muda di sana. Acara tersebut juga dilanjutkan dengan pelatihan literasi digital bertajuk “Tips Kreatif Menghadapi Publik Digital” yang diikuti oleh ratusan anak-anak muda dan pelajar di Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Selain itu, ada pula Smartfren Community di berbagai wilayah lain yang bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, seperti pembinaan kreator digital lokal dengan tema “Potensi Bunda sebagai Content Creator” di Natuna bersama pemerintah Kabupaten Natuna; pelatihan digital marketing untuk UMKM di Malang bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang; hingga pelatihan pengelolaan sampah dan wirausaha digital untuk UMKM di Tangerang Selatan bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Tangerang Selatan serta Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *