Connect with us

Coffee Break

Nonton Hingga Balas Chat Gebetan Bisa Pakai Cover Screen di Galaxy Z Flip5

Published

on

Biasanya ketika Gadgetarian hendak chat atau sekadar mengakses hiburan, seperti Netflix, langkah-langkah yang dilakukan lebih sering dimulai dari membuka layar perangkat lalu memilih aplikasi-aplikasi yang hendak dibuka. Itu sudah praktis, lho. Bahkan sekarang Gadgetarian juga bisa cek notifikasi tanpa perlu membuka layar perangkat. Apa yang sudah praktis dibikin lebih praktis lagi. Lalu, bagaimana jika tanpa perlu membuka layar utama perangkat, Gadgetarian bisa melakukan lebih dari sekadar cek notifikasi? Di Samsung Galaxy Z Flip5, Gadgetarian bisa melakukan banyak hal tanpa perlu membuka perangkat.

Samsung Galaxy Z Flip5 memiliki Flex Window atau yang kita sebut Cover Screen berukuran 3,4 inci dengan dukungan panel Super AMOLED 720 x 748 piksel yang memenuhi sekitar 95% dari separuh area luar smartphone. Area Cover Screen seluas itulah yang digunakan Samsung untuk memfasilitasi Gadgetarian yang lebih sering melakukan kegiatan melalui Cover Screen. Dan teknologi Cover Screen yang dihadirkan dapat berfungsi maksimal berkat desain foldable-nya yang menggunakan teknologi Flex Hinge.

Teknologi tersebut memampukan Galaxy Z Flip5 untuk dapat dilipat rapat tanpa cela alias zero-gap sehingga hasil akhirnya adalah perangkat memiliki bentuk lebih ramping dan ringan serta memiliki sudut lipatan yang bisa Gadgetarian atur suka-suka. Bodi perangkat pun mendapatkan perlindungan berkali-kali lipat berkat dukungan IPX8, rangka Armor Alumunium, dan Corning Gorilla Glass Victus 2 yang dipasang pada Flex Window atau Cover Screen serta bagian belakang smartphone. Masih ada pula integrated hinge module with dual rail atau struktur rel ganda yang akan meredam benturan eksternal dan menjadikan layar 25% lebih kuat.

Lalu apa saja yang bisa Gadgetarian lakukan di Cover Screen yang ukurannya 3,78 kali lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya? Banyak.

Merespon notifikasi dari WhatsApp

Misalnya Gadgetarian tengah berada dalam perjalanan dan tiba-tiba ada notifikasi dari WhatsApp, entah itu audio atau video call, atau chat. Cukup hanya melalui Cover Screen saja Gadgetarian bisa membalas panggilan audio atau video yang masuk. Begitu pun saat harus membalas pesan singkat yang masuk, Gadgetarian dapat langsung membalasnya melalui Cover Screen dengan memanfaatkan keyboard virtual QWERTY yang ditampilkan. Jadi, tanpa perlu membuka perangkat, membalas panggilan audio/video call atau chat dapat langsung dilakukan di Cover Screen.

Menikmati entertainment

Cover Screen juga dapat menyelamatkan Gadgetarian ketika tengah suntuk di perjalanan. Kok bisa? Ya bisalah. Soalnya di Cover Screen, Gadgetarian kini dapat mendengarkan musik atau podcast di Spotify, bahkan menonton film atau serial favorit di Netflix. Atau ingin menonton video-video lucu di YouTube? Bisa. Pokoknya, urusan entertainment bisa Gadgetarian nikmati langsung di Cover Screen.

Mengakses berbagai aplikasi pendukung

Melalui Cover Screen pula Gadgetarian dapat mengakses beragam aplikasi yang sering digunakan sehari-hari. Misalnya, Gadgetarian termasuk orang yang seringkali harus ke luar rumah menuju lokasi tertentu, entah untuk urusan pekerjaan atau nyamperin gebetan. Nah, bisa, tuh, manfaatin Google Maps langsung dari Cover Screen untuk tahu rute perjalanannya supaya enggak nyasar.

Atau Gadgetarian ternyata melek pasar saham dan ingin mengetahui pergerakan bursa saham setiap hari, langsung buka Google Finance di Cover Screen supaya Gadgetarian bisa cepat mengambil keputusan, mau jual, beli, atau hold aset sahammu. Kan asyik, tuh, bisa sekalian nyombong sebagai pialang saham di depan gebetan sekaligus calon mertua.

Personalisasi dan Kustomisasi

Wajah Cover Screen juga bisa Gadgetarian utak-atik dengan pilihan ragam opsi desain wallpaper dan mengkustomisasinya supaya tampilannya “Gadgetarian banget” mulai dari graphic art, foto, video, gif hingga widget sesuai keinginan berkat dihadirkannya One UI 5.1.1 yang bisa Gadgetarian maksimalkan agar Samsung Galaxy Z Flip5 dapat dipersonalisasi sesuai kepribadianmu. Misalnya Gadgetarian ingin membuat wallpaper yang bisa disesuaikan dengan inisial namamu, caranya gampang, kok. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tekan layar selama 3 detik pada Flex Window sampai muncul beberapa opsi wallpaper

Swipe sampai paling atas dan muncul pilihan “Open phone for more flex window options”

Klik pilihan “Add new”

Pilih gambar atau video gif  yang ada di galerimu

Klik pilihan “Frame” untuk mengubah tampilan wallpaper menjadi inisial nama yang Gadgetarian inginkan

Ingin mengatur ukuran jam dan tanggal di Cover Screen dengan lebih banyak pilihan desain, mulai dari artistic, aesthetic, minimalis, profesional, hingga sporty juga bisa. Caranya sebagai berikut:

Tekan layar selama 3 detik pada Flex Window sampai muncul beberapa opsi wallpaper

Swipe sampai paling atas dan muncul pilihan “Open phone for more cover screen options”

Klik pilihan “Add new”

Pilih display jam yang ingin Gadgetarian tampilkan pada Flex Window

Sesuaikan ukuran dan warna yang Gadgetarian inginkan

Kustomisasi widget pun bisa ditampilkan di Cover Screen, mulai dari cuaca, kalender, voice recorder, stopwatch, dan banyak lagi lainnya dengan total terdapat 13 Native Widget yang dapat diakses melalui Cover Screen. Gadgetarian bisa memulai hari dengan mengecek perkiraan cuaca atau jadwal harian. Ada meeting atau bertemu narasumber pun tidak masalah karena Gadgetarian bisa mengakses voice recorder langsung di Cover Screen. Mengakses Quick Settings untuk mengaktifkan WiFi atau Bluetooth juga bisa.

Jika Gadgetarian ingin melihat semua Widget dalam sekejap dan beralih antar widget secara instan, caranya cubit atau pinch layar untuk mengaktifkan Multi Widget View. Dan untuk memunculkan berbagai aplikasi dan widget di Cover Screen, caranya mudah.

Gadgetarian bisa menggeser layar ke kiri hingga muncul ikon (+) untuk menambahkan widget.

Jika Gadgetarian ingin menyesuaikan widget lebih banyak lagi, caranya masuk ke menu pengaturan, layar depan, dan pilih widget. Di sini Gadgetarian bisa mengaktifkan atau menonaktifkan widget yang ditampilkan.

Dan jika Gadgetarian ingin menampilkan aplikasi, akses saja fitur lanjutan (advanced features) di menu pengaturan dan pilih ‘Labs’.

Personalisasi maupun kustomisasi juga bisa Gadgetarian lakukan dengan memanfaatkan Flipsuit Case yang selain menawarkan perlindungan perangkat dengan kartu NFC yang bisa digonta-ganti, Flipsuit Case juga memberikan kebebasan dalam hal personalisasi serta mix and match dengan fashion statement-mu sehari-hari. Dan pengalaman utak-atik personalisasi tadi semakin asyik berkat adanya aksesoris tambahan pelengkap Flipsuit Case, yakni interactive card atau Flipsuit Card.

Flipsuit Card ini bisa Gadgetarian anggap selayaknya ‘kartu ajaib’ yang tidak hanya mempercantik tampilan luar Samsung Galaxy Z Flip5 saja, tetapi juga dapat digunakan untuk kustomisasi tema pada Cover Screen atau Flex Window. Caranya gampang, kok. Pertama, pasang front Flipsuit Case, lalu sisipkan Flipsuit Card di bagian belakang, dan pasang back Flipsuit Case. Tunggu 5 detik, dan setelah muncul notifikasi ‘flipsuit case content applied’, tandanya tema atau tampilan di Flex Window berhasil terganti.

Intinya banyak, deh, yang bisa Gadgetarian lakukan di Cover Screen Samsung Galaxy Z Flip5.

Sudah siap #JoinTheFlipSide dan customize HP lipat kamu sesuai dengan kepribadian? Dengan berakhirnya masa preorder, kamu bisa mendapatkan Galaxy Z Flip5 secara langsung di Galaxy Studio maupun toko daring dan gerai retail terdekat dengan harga mulai dari Rp15.999.000.

Untuk mendapat keuntungan lebih, kamu bisa datang ke rangkaian acara Galaxy Studio yang akan datang di BEC Mall Bandung pada 27 September-1 Oktober 2023. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai pengalaman menarik bernuansa K-Wave, seperti AR Experience Area, Immersive Viewing and Gaming Area, Personalization Area, serta Mirror Selfie Challenge menggunakan Galaxy Z Flip5 untuk kesempatan mendapatkan hadiah menarik.

Samsung juga memudahkan konsumen untuk beralih ke HP lipat lewat program trade-in. Pengguna Galaxy Z Series generasi terdahulu bisa mendapat potongan harga dan cashback hingga Rp3.500.000 yang berlaku 20 Oktober hingga 5 November 2023. Program ini juga berlaku bagi pengguna berbagai device Samsung dan perangkat dari brand lain. Jadi, siapa pun bisa mudah menukar device lamanya dan beralih ke Galaxy Z Flip5 untuk menikmati pengalaman perangkat lipat yang tidak ada di smartphone lain.

Info lebih lanjut tentang Galaxy Z Flip5 bisa dilihat di HYPERLINK “http://www.samsung.com/id”www.samsung.com/id.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *