Connect with us

News

Kinerja Terus Meningkat, Pendapatan Indosat Melesat

Published

on

Hasil merger antara Indosat Ooredoo dengan Hutchison Tri terus memberikan efek yang baik bagi Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”, atau “Perseroan”).  Indosat selama tahun 2023 ini terus mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang sangat baik dan yang terakhir, Indosat berhasil membukukan total pendapatan sebesar Rp37,4 triliun pada sembilan bulan terakhir terhitung hingga tanggal 30 September 2023.

Peningkatan total pendapatan Indosat selama sembilan bulan terakhir selama 2023 ini tak lepas dari kinerjanya yang terus meningkat.  Integrasi jaringan yang dilakukan Indosat nampak memberikan kepuasan kepada pelanggan Indosat.  Pantauan di lapangan juga membuktikan jaringan Indosat seperti di Jakarta stabil dan lebih baik dibanding beberapa tahun lalu saat sebelum merger terjadi.  

Pendapatan Indosat yang melesat ini sekaligus membukukan peningkatan sebesar 8,5% Year-on-Year (YoY) serta pada total pendapatan dan EBITDA secara YOY.   Peningkatan ini tak lepas dari terus membaiknya beberapa lini bisnis Indosat mulai dari Selular, MIDI, dan Fixed Telecom.

Kombinasi dari pertumbuhan pendapatan dan optimalisasi biaya, berdampak pada peningkatan EBITDA sebesar 24,0% YoY menjadi Rp17,4 triliun dan menghasilkan marjin EBITDA yang mencapai 46,6% di 9B23. Adapun Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp2,7 triliun.

Apa yang dicapai Indosat saat ini membuatnya semakin kuat dan sehat karena berhasil kembali membukukan laba bersih selama sebelas kuartal berturut-turut.  Ini sungguh berbeda ketika beberapa tahun lalu Indosat sangat sulit membukukan laba bersih bahkan cenderung mencatat rugi bersih seperti yang terjadi pada 2018 lalu.  Namun kemudian bisa diperbaiki menjadi catatan laba bersih Rp 1,5 triliun pada 2019.  

Untuk meningkatkan konsumsi penggunanya, Indosat memiliki strategi dengan membuat pelanggannya nyaman menikmati layanan digital yang diberikan Indosat.   Kenyamanan bagi pelanggan Indosat diberikan dengan memberikan penawaran produk yang simpel dan transparan, serta diiringi perluasan jaringan.   

Hal ini sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh. Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan: “Kinerja kami didorong oleh komitmen menjadi yang terbaik, strategi Go-to-Market yang terencana, serta fokus tak tergoyahkan untuk memberikan  marvelous experience bagi pelanggan. Skala dan kinerja ini memungkinkan kami untuk menggapai tujuan yang lebih besar, yakni menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

Perluasan jaringan Indosat ke suluruh pelosok Nusantara adalah salah satu upaya Indosat meningkatkan kenyamanan layanan digital Indonsat.  Beberapa waktu lalu, Indosat mencoba merambah Nusa Tenggara Timur dengan memperkuat jariungan 4G di wilayah ini.  Indosat yang kini memperluas jaringannya ke wilayah pedesaan yang belum terlayani di Indonesia Timur kini jangkauannya sudah mencapai lebih dari 80% di seluruh Nusa Tenggara

Good job Indosat,

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *