Connect with us

Product Info

Samsung Galaxy A05, Perfect Entry Level

Published

on

Desain 4

Kinerja 3

Fitur3

Harga 4

Semakin murahnya teknologi smartphone membuat produsen smartphone beramai-ramai menerapkan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya termasuk di kelas entry level.  Pada Oktober 2023 ini Salah satu jawara smartphone di Indonesia Samsung, menghadirkan smartphone entry level terbarunya yang juga kemungkinan menjadi penutup untuk smartphone entry levelnya di tahun ini yaitu Galaxy A05 dan Galaxy A05s.  Keduanya memiliki harga yang terjangkau namun memiliki spesifikasi yang lebin tinggi dari sebelumnya.  Seperti apa spesifikasinya, yuk simak ulasannya berikut ini.

Tampilan Galaxy A05 mengadopsi desain Galaxy A series lainnya terutama pada tampilan kamera belakangnya.  Galaxy A05 memiliki bodi belakang bertekstur garis vertikal dengan pilihan warna menarik seperti light green, silver dan black.  Tekstur garis vertikal ini membuatnya seperti memiliki finishing doff tapi menjadikannya nyaman digenggam.  Bahan yang digunakan merupakan dominan plastik termasuk frame yang digunakannya.  Namun finishing yang bagus membuatnya nampak premium dan berkelas.

Layar depannya memiliki luas 6,7” menggunakan bahan LCD dengan resolusi  720 x 1600 pixels.  Kecerahannya sudah cukup untuk mata kita termasuk saat menggunakannya diluar ruangan saat siang hari.  Menggunakan layar Infinity-U Display untuk kamera selfie yang tak mengganggu layar depan sehingga tetap luas dengan refresh rate 60Hz yang cukup nyaman untuk bermain game maupun menonton berbagai tayangan di layar smartphone ini.

Galaxy A05 memiliki tiga varian memori yang bisa dipilih, namun yang kami pegang ini adalah Galaxy A05 dengan RAM 4GB dengan ruang penyimpanan 128GB.  Menggunakan Mediatek Helio G85 cukup memberikan tenaga bagi Galaxy A05 untuk menemani Gadgetarian sehari-hari seperti menikmati konten favorit atau melakukan multitasking untuk pekerjaan di mana saja, dengan lebih mudah. Jika Gadgetarian masih merasa kurang dengan ruang penyimpanan yang disediakan, Gadgetarian bisa memperluas ruang penyimpanan hingga 1TB, sehingga Gadgetarian akan memiliki banyak ruang yang tersedia untuk semua foto dan file lainnya.

Meskipun hasil benchmark yang dilakukan kurang memuaskan namun untuk sebuah smartphone entry level, hasil benchmark yang didapatkan sudah cukup baik.  Setidaknya smartphone ini akan bisa menemani Gadgetarian dalam kegiatan sehari-hari yang tak membutuhkan banyak effort termasuk teman untuk jalan-jalan sambil mengambil gambar.

Buat Gadgetarian yang seharian bakal pegang ponsel, Galaxy A05 hadir dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh, yang pasti awet penggunaannya. Bacteria yang besar masih ditambah dengan kemampuan Super-Fast Charging 25W yang telah disempurnakan akan meminimalkan waktu pengisian daya. Baterai smartphone ini dapat terisi hingga 48% hanya dalam waktu 30 menit, sehingga Gadgetarian dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas seharian dengan Galaxy A05.

Samsung Galaxy A05 memiliki dua kamera yang sangat cukup baik teknologi maupun fitur yang disediakannya.  Smartphone ini dilengkapi dengan lensa utama 50MP dan sensor kedalaman 2MP, sehingga Gadgetarian dapat menangkap detail yang lebih hidup dan membuat foto bokeh tentunya.  Fitur yang disediakan pada smartphone ini juga cukup lengkap seguia standar kamera smartphone entry level. Selfie camera juga telah ditingkatkan menjadi 13MP pada Galaxy A05s dan 8MP pada Galaxy A05, supaya kamu dapat mengambil foto selfie yang lebih terang dan jelas.

Untuk sebuah smartphone entry level, Samsung Galaxy A05 memiliki kamera yang sangat mumpuni bahkan dalam mengunci fokus saat Gadgetarian memotret maupun mengambil video gambar bergerak.  Adaptasinya terhadapat daerah atau suasana yang minim cahaya juga sudah sangat baik sehingga kameranya mampu mengambil gambar di ruang atau tempat yang minim cahaya.  Membuat foto silhoute juga sangat mudah dengan menggunakan kamera Galaxy A05 dan sensor kamera utamanya yang berkapasitas 50MP menghasilkan gambar yang tajam terutama saat cahaya yang diperlukan cukup banyak.

Meskipun terdapat mode malam pada fitur kameranya, mode Auto juga dapat digunakan untuk memotret di malam hari dengan baik.  Saat memotret percikan api pada malam hari, kamera Galaxy A05 mampu merekam percikan api yang menari-nari oleh hembusan angin dari kipas yang diayun penjual nasi goreng.  Saat membuat videonya pun, percikan api yang menari-nari dapat ditangkap dengan baik oleh kamera.

Harga

Rp 1.699.000

Kasimpulan

Samsung Galaxy A05 merupakan penyempurnaan dari seri entry level sebelumnya dengan peningkatan kinerja yang cukup banyak karena penggunaan chipset baru.  Optimalisasi pada baterai serta kapasitas charging juga menjadi nilai Tambaú yang baik bagi smartphone ini.

Spesifikasi

Dimensi

168,8 x 78,2 x 8,8mm

Layar

6,7 inci HD+ PLS 60Hz

Kamera Utama

50MP + 2MP

Kamera Depan

8MP

Prosesor

Helio G85, Android 13.0, One UI Core 5.1

Memori

RAM/ROM 4GB/128GB, Slot Micro SD Up to 1TB

Baterai

5.000 mAh, 25W Fast Charging

Hasil Foto Samsung Galaxy A05

Foto close up

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *