Connect with us

Coffee Break

Smartwatch atau Smartband

Published

on

Smartwatch dan smartband adalah dua jenis perangkat wearable yang semakin populer di kalangan masyarakat. Kedua perangkat ini memiliki fitur yang mirip, tetapi ada beberapa perbedaan utama antara keduanya, desain adalah perbedaan utamanya.  Desain smartband lebih ringkas dan kompak bahkan menyerupai gelang karet.

Smartwatch adalah perangkat wearable yang lebih canggih dari smartband. Smartwatch memiliki layar yang lebih besar dan lebih jelas, dan dapat menjalankan berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi pelacakan aktivitas fisik, aplikasi navigasi, dan aplikasi game. Smartwatch juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan teks, dan menerima notifikasi dari smartphone.

Smartband adalah perangkat wearable yang lebih sederhana dari smartwatch itulah mengapa harganya juga lebih murah dibanding smartwatch. Smartband memiliki layar yang lebih kecil dan tidak dapat menjalankan aplikasi yang kompleks. Smartband biasanya hanya memiliki fitur dasar, seperti pelacakan aktivitas fisik, monitor detak jantung, dan monitor tidur.  Smartband sangat cocok untuk menemani Gadgetarian saat olahraga atau bersantai dengan teman.

Teknologi terbaru di smartwatch

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi smartwatch telah berkembang pesat. Berikut adalah beberapa teknologi terbaru smartwatch yang bakal menjadi standar untuk jam tangan pintar:

1. Layar sentuh AMOLED. Layar ini adalah jenis layar yang menawarkan kualitas gambar yang tajam dan jernih. Layar AMOLED juga lebih hemat daya dibandingkan dengan layar LCD.

2. Sensor kesehatan. Smartwatch semakin banyak dilengkapi dengan sensor kesehatan, seperti sensor detak jantung, sensor oksigen darah, dan sensor EKG. Sensor-sensor ini dapat digunakan untuk memantau kesehatan pengguna.

3. Aplikasi kesehatan. Smartwatch dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi kesehatan, seperti aplikasi pelacakan aktivitas fisik, aplikasi manajemen stres, dan aplikasi meditasi.

4. Pembayaran mobile. Bukan hanya smartphone, smartwatch pun kini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran mobile dengan menggunakan teknologi NFC atau Bluetooth.

5. Konektivitas 5G. Dengan konektivitas 5G smartwatch dapat  terhubung ke internet dengan kecepatan yang lebih tinggi. Hal ini akan memungkinkan smartwatch untuk menjalankan aplikasi dan game yang lebih kompleks.

6. Kecerdasan buatan. Fitur kecerdasan buatan (AI) akan semakin banyak digunakan di smartwatch. AI dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja smartwatch, seperti meningkatkan akurasi sensor kesehatan dan memberikan rekomendasi yang lebih cerdas.

Nah sudah jelas kan perbedaannya, Gadgetarian sekarang bisa memilih mana yang mesti dimiliki sesuai dengan kebutuhannya ya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *