Connect with us

News

Kenaikan Biaya Lebih Ditakuti Daripada Pemanasan Global

Published

on

Pemanasan global yang terjadi pada bumi dalam beberapa tahun belakangan menjadi perhatian utama para pemimpin dunia dalam mengambil kebijakan.  Saat ini suhu rata-rata di bumi telah meningkat hingga 2,8º celcius akan berdampak pada penduduk bumi secara tidak proporsional terutama pada kelompok termiskin di dunia.  Generasi muda kini pun tidak terlalu kawatir terhadap dampak pemanasan global setidaknya terlihat dari survey yang menunjukkan para generasi muda yang yakin tidak akan merasakan dampak pemanasan global.

Laporan tahunan ketiga Climate Reality Barometer dari Seiko Epson Corporation, yang mensurvei lebih dari 30.000 orang, menemukan bahwa hampir 49 persen responden berusia 16 hingga 29 tahun “sangat optimis” atau “agak optimis” bahwa mereka tidak akan terkena dampak dari peristiwa seperti banjir, kekeringan, atau tanah longsor, dan jumlah tersebut menurun menjadi hanya 32 persen untuk peserta berusia 55 tahun ke atas.  Mereka bahkan lebih mengkawatirkan kenaikan biaya daripada dampak pemanasan global.

Laporan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas mengenai pandangan generasi muda yang lahir sejak tahun 1995, saat PBB mengadakan konferensi iklim pertamanya, pertemuan tahunan yang dikenal sebagai COP. Survei menemukan bahwa “generasi COP” ini tidak merasakan krisis yang sama seperti kelompok yang lebih tua. Keakraban yang meluas dengan perubahan iklim dan kepercayaan terhadap solusi berbasis teknologi mungkin berkontribusi pada rasa urgensi yang lebih rendah, kata Chief Executive Officer Seiko Epson, Yasunori Ogawa, dalam sebuah wawancara.

Perubahan iklim telah memperburuk inflasi dan peristiwa cuaca ekstrem seperti kekeringan, banjir, dan suhu yang lebih panas akan berdampak pada pertanian, sehingga memberikan lebih banyak tekanan pada pasokan pangan seiring dengan percepatan pemanasan global. Kenaikan suhu dapat meningkatkan inflasi pangan tahunan antara 0,9 persen dan 3,2 persen per tahun pada tahun 2035, menurut laporan dari Bank Sentral Eropa.

Seiko Epson sebagai produsen teknologi yang terkenal dengan printernya, telah melakukan survei setiap tahun sejak 2021 karena berupaya memahami sikap dan ekspektasi konsumen di berbagai pasar secara global. Laporan ini sendiri dilakukan oleh Opinion Matters.

Lalu apa yang dilakukan masyarakat terhadap pemanasan global dan dampaknya kelak?  Banyak responden mengatakan bahwa mereka telah melakukan perubahan perilaku dan mengurangi konsumsi untuk membantu mengatasi perubahan iklim. Di semua kelompok usia, hampir 38 persen mengatakan bahwa mereka mengurangi perjalanan internasional untuk bekerja dan bersenang-senang, dan sekitar 30 persen mengatakan bahwa mereka berencana untuk melakukan perubahan ini di masa depan. Hampir 20 persen melaporkan bahwa mereka telah beralih ke kendaraan listrik dan 51 persen mengatakan bahwa mereka berharap untuk melakukannya di masa depan.

Bagaimana dengan Gadgetarian?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *