Connect with us

News

Pengguna SMS dan Voice XL Axiata Ternyata Masih Banyak

Published

on

Libur Nataru mencatatkan banyak peningkatan trafik layanan para operator seluler terutama pada layanan data hampir di semua wilayah yang menjadi pusat keramaian atau tujuan wisata.  XL Axiata mencatatkan kenaikan trafik layanan data hingga 2 Januari 2024, rata-rata meningkat sebesar 15% dibandingkan hari normal dan 19% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya. Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 90% dibandingkan kondisi hari normal.

Menurut Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, selama periode liburan tersebut jaringan XL Axiata tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif. Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 15% dibandingkan hari normal. Kota / Kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Cirebon, naik 30%, lalu Kota Surabaya, naik 22%, dan Kabupaten Bogor, naik 18%.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Propinsi Jawa Tengah, sebesar 21% dan Sumatera Utara dengan kenaikan hingga 16%, selanjutnya provinsi Jawa Barat sebesar 14% dan berikutnya propinsi Jawa Timur 11%. Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, trafik data naik hingga 198% dibandingkan hari normal. Di Pantai Pangandaran, Propinsi Jawa Barat naik hingga 143%, Pantai Sawarna, Propinsi Banten naik 128%.

Namun yang menarik adalah adanya kenaikan pada layanan voice sebesar 1% dan juga SMS sebesar 8% selama Nataru.  Meskipun tak terlalu besar data ini menunjukkan masih cukup banyaknya pelanggan XL Axiata yang menggunakan layanan ini.  Hal ini unik karena operator seluler lain justru melaporkan penurunan pada layanan voice dan SMS.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *