Connect with us

Product Info

Desain Cantik dengan Spesifikasi Menarik

Published

on

Desain 4

Kinerja 3

Fitur 4

Harga 3

Awal 2024 ini, Samsung langsung menghadirkan smartphone kelas menengah Galaxy A15 yang memiliki tiga varian memori dan jaringannya.  Kami berkesempatan memegang Galaxy A15 5G 8GB/256GB atau varian tertinggi di serinya.  Smartphone yang memiliki tiga pilihan warna ini memiliki desain yang cantik dengan spesfifikasi yang menarik.  Mengapa bisa menarik? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Samsung Galaxy A15 series menampilkan identitas desain Galaxy dalam elemen khas, seperti flat frame, layout kamera yang linier, serta pilihan warna cantik Yellow, Blue, dan Blue Black.  Galaxy A15 memiliki bodi belakang dengan finishing doff sehingga memberikan kesan mewah dan minimalis.  Susunan tiga kameranya yang vertikal menjadi sangat mencolok dengan flash light LED yang masih mirip dengan seri terdahulu.

Namun yang unik adalah desain tombola sampingnya yang memiliki sedikit ketebalan pada tombul power serta volume.  Meskipun fungsi utamanya agar ibu jari bisa dengan leluasa menekan tombol power, namun ketebalan disekitar tombol samping ini memberikan kesan kekar atau kokoh pada Galaxy A15 5G.  Sedangkan pada sisi-sisi lainnya seperti di bawah yang terdapat port 3,5mm, USB type C serta speaker, menggunakan desain datar atau flat yang tetap memberikan kenyamanan saat digenggam.

Layar Galaxy A15 5G memiliki ukuran yang cukup besar untuk smartphone di kelasnya.  Hal ini karena Galaxy A15 series dibekali layar 6,5 inci FHD+ Super AMOLED yang luas untuk menghasilkan gambar yang hidup dan tajam. Dengan layar yang lebih lapang seperti ini, Gadgetarian akan lebih nyaman berlama-lama di depan smartphone untuk melakukan banyak kegiatan mulai dari belajar menu masakan baru hingga bermain game online bareng teman.

Layar Super AMOLED Galaxy A15 5G memiliki refresh rate 90Hz yang membuat transisi di layar akan terlihat cukup smooth saat Gadgetarian bernavigasi di layar, saat scrolling mencari tontonan favorit, atau bermain game dengan permainan tempo cepat.  Smartphone ini juga memiliki layar yang telah diperkuat dengan vision booster untuk meningkatkan visibilitas dan kecerahan layar di bawah pencahayaan matahari atau sumber cahaya terang lainnya. Smartphone akan mendeteksi pencahayaan sekitar dan melakukan penyesuaian dengan cara menjadikan area gelap lebih cerah dan meningkatkan warna menjadi lebih hidup.

Sebagai smartphone kelas menengah bawah, Samsung Galaxy A15 5G menggunakan prosesor yang sesuai dengan kelasnya. Untuk itu Samsung membenamkan Dimensity 6100+ untuk menghasilkan performa yang pasti-pasti di jaringan kencang 5G.  Saat digunakan untuk memutar video berkualitas tinggi hingga 30fps, multitasking, dan gaming dirasa sangat lancar apalagi jika jaringan internet di sekitarnya sangat bagus.

Untuk menunjang kinerjanya agar selalu prima, smartphone ini ditunjang pula oleh RAM 8GB yang bisa ditingkatkan dengan RAM Plus hingga 8GB untuk performa yang makin lancar ketika menjalankan berbagai aplikasi dan multitasking.  Ruang penyimpanan sebesar 256GB sudah sangat cukup memberikan keleluasaan bagi Gadgetarian dalam menyimpan file terutama foto dan video.  Tersedia pula ruang penyimpanan tambahan  dengan MicroSD hingga 1TB.

Kinerja yang baik akan percuma jika menggunakan UI yang tidak menarik.  Untuk itu Samsung Galaxy A15 5G menggunakan One UI 6 yang berbasis Android 14. Antarmuka ini memiliki banyak elemen yang bisa Gadgetarian atur untuk menciptakan tampilan dan nuansa lebih modern sesuai dengan kebiasaan dan preferensi Gadgetarian.

Salah satu fitur penting yang ada pada One UI 6 adalah terintegrasinya fitur Samsung Knox Vault di dalamnya. Fitur keamanan berlapis ini akan memberikan tingkat keamanan yang kuat untuk melindungi informasi penting Gadgetarian dari gangguan hardware, seperti pembongkaran.  Samsung juga memberikan peningkatan OS hingga empat generasi, dan pembaruan keamanan selama lima tahun.

Kamera menjadi fitur yang sangat penting saat ini pada semua segmen smartphone termasuk Galaxy A15 5G. Smartphone ini memiliki formasi triple camera belakang dengan susunan lensa utama 50MP, lensa ultra-wide 5MP, dan macro lens 2MP serta kamera depan dengan sensor berkekuatan 13MP.   Ketiga kamera belakang serta kamera depan ini sudah sangat cukup untuk smartphone di kelas ini terlebih, Samsung memberikan banyak fitur kamera yang menarik.

Galaxy A15 series menggunakan baterai 5.000mAh yang efisien dalam penggunaan daya sehingga irit untuk berbagai aktivitas, misalnya memutar video sampai 20 jam nonstop. Baterai smartphone ini sudah mendukung pengisian cepat atau fast-charging 25W, yang membutuhkan waktu hanya 30 menit saja untuk membuat baterai terisi 50 persen dan siap digunakan seharian penuh. Ia juga hanya butuh 85 menit untuk full-charged. Tak perlu khawatir, travel adapter 25W juga telah menjadi bonus pembelian smartphone ini.

Harga

Rp 3.299.000

Kesimpulan

Samsung Galaxy A15 5G memiliki dua hal yang membuatnya menarik yaitu desainnya yang cantik serta spesifikasinya yang menarik.  Hanya saja jika harganya diturunkan sedikit ke angka dibawah Rp 3 juta maka akan lebih menarik lagi sebagai smartphone 5G Rp 2 jutaan.

Spesifikasi

Dimensi:

160.1 x 76.8 x 8.4 mm

Layar:

6,5 inci FHD+ Super AMOLED refresh rate 90Hz

Memori:

8GB/256GB, MicroSD hingga 1TB

Chipset:

Dimensity 6100+, Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)

Kamera:

50MP (utama) + 5MP (Ultra-Wide) + 2MP (Macro) + 13MP (kamera depan)

Fitur lain:

Baterai 5.000mAh, 25W fast charging, 5G, NFC-ready

Hasil Foto menggunakan Samsung Galaxy A15 5G

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *