Connect with us

News

Mobility Insight untuk Kemajuan Pariwisata

Published

on

Data pergerakan manusia kini menjadi penting untuk menetapkan strategi peningkatan layanan termasuk di sektor pariwisata.  Salah satu institusi yang memiliki data pergerakan manusia adalah operator seluler yang dapat mengamati pergerakan penggunanya.  Telkomsel sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia memiliki data yang sangat penting terkait pergerakan pelangganya termasuk di daerah wisata.

Menunjang akurasi data sektor pariwisata Sumatera Barat pada 2024, Telkomsel melanjutkan kerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pemanfaatan layanan Mobility Insight berbasis Mobile Positioning Data (MPD) untuk memperhitungkan dan menganalisis secara kumulatif pergerakan wisatawan yang berkunjung ke wilayah Sumatera Barat.

Diresmikan dalam acara “Launching Calendar of Event West Sumatra 2024” oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Padang (20/1), kerja sama Telkomsel dan Dinas Pariwisata Sumatera Barat menjadi wujud komitmen bersama untuk menggerakkan kemajuan kultur pengambilan keputusan berbasis data di sektor pemerintahan dan pariwisata, khususnya melalui pemanfaatan Mobility Insight sebagai bagian dari layanan Mobile Consumer Insight (MSIGHT) TelkomGroup dan dashboard PETA Sumbar yang dikembangkan bersama.

Kerjasama antara Telkomsel dengan Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini merupakan kelanjutan dari kerjasama serupa.  Sebelumnya pada 2023, Telkomsel telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata guna memacu kembali laju pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata. Melalui pemanfaatan Mobility Insight dari Telkomsel, Dinas Pariwisata Sumatera Barat dapat menganalisis asal kedatangan wisatawan, menentukan destinasi wisata favorit, hingga memahami profil demografi para wisatawan secara keseluruhan.

Dengan wawasan data yang akurat dan memanfaatkan aplikasi PETA, Pemerintah dan Dinas Pariwisata Sumatera Barat telah mengoptimalkan perencanaan program kepariwisataan sehingga angka kunjungan wisata mencapai hingga 11 juta pada tahun 2023, sebanyak 137,12% lebih tinggi dari target yang dicanangkan.

Manager Insight Business Development and Delivery Telkomsel Asdi Galvani berharap pemanfaatan layanan Mobility Insight Telkomsel dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan dan pertimbangan kebijakan oleh pemerintahan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *