Connect with us

News

Dengan DD Apps Mudah Jadi Baik

Published

on

Era digital terutama setelah pandemi membuat kita semakin asik dengan gadget terutama smartphone dalam kegiatan kita sehari-hari.  Kini kita menggunakan banyak kegiatan mulai dari menonton film hingga membayar tagihan hanya dari smartphone saja.  Hal ini juga berlaku pada masalah donasi hingga zakat dan infaq yang biasanya kita lakukan di masjid kini bisa kita lakukan dimana saja menggunakan smartphone.  Hal ini membuat banyak lembaga pengumpul donasi menggunakan teknologi digital dalam menghimpun donasi.

Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga penghimpun donasi kaum muslim di Indonesia kini juga menggunakan saluran digital.  Dompet Dhuafa memiliki aplikasi yang bisa digunakan oleh para donatur maupun kaum muslimin yang ingin membayar zakatnya melalui DD Apps di platform Android dan IOS.  Dalam aplikasi ini para donatur bisa dengan mudah melakukan donasi ditambah dengan fitur-fitur lain yang bermanfaat.

Dompet Dhuafa hari ini menghadirkan aplikasi yang sudah mendapatkan penyempurnaan dengan menambah beberapa fitur menarik.  Beragam fitur seperti donasi mulai dari zakat, infak, sedekah, kemanusiaan, ibadah, pendaftaran relawan hingga akses laporan publik Dompet Dhuafa benamkan di DD Apps. Hadirnya DD Apps tentu melengkapi inovasi digital yang terus kembangkan Dompet Dhuafa di era kemajuan teknologi dengan menyasar kaum Milenial yang tercatat sebesar 44% dan Gen Z sebesar 6% dan potensi peningkatan hingga 15%.

Aplikasi Dompet Dhuafa dengan beragam fitur menjadi terobosan baru Dompet Dhuafa dimana sebelumnya pernah dikembangkan pada kurun waktu 2011. Melalui DD Apps masyarakat dapat berdonasi, berzakat, sedekah, memanfaatkan fitur ibadah hingga memantau laporan publik dari kinerja Dompet Dhuafa.

“Kehadiran DD Apps melengkapi perjalanan inovasi teknologi di Dompet Dhuafa. Aplikasi ini tidak hanya menjadi platform penghimpunan saja, tetapi juga menjadi pemenuh kebutuhan ibadah masyarakat. Karena di Dompet Dhuafa tidak hanya menghimpun dana semata, tetapi juga mengelolanya menjadi program-program pemberdayaan, tentu transparansi pelaporan penggunaan dana, turut kami sajikan di DD Apps. Keterlibatan masyarakat untuk menjadi relawan dan menikmati sajian liputan berupa artikel dan video juga kami tanamkan di aplikasi ini,” jelas Etika Setiawanti selaku Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa dalam agenda Gathering Jurnalis Tekno #MUDAHJADIBAIK, pengenalan DD Apps di Jakarta, Selasa (20/02).

Adi Kurniawan selaku Senior Officer Penghimpunan Digital mengungkapkan bahwa aplikasi Dompet Dhuafa atau DD Apps menyediakan dua fitur utama, yakni Donasi dan Ibadah. Pada fitur Donasi, kita dapat menyalurkan dana kebaikan yang tidak hanya mencakup infak, tetapi juga sedekah, zakat, wakaf, dana khusus untuk kemanusiaan hingga mambayar atau mencicil hewan kurban. Sedangkan untuk fitur Ibadah, DD Apps menyediakan Jadwal Salat, Al-Qur’an digital yang dilengkapi dengan audio, Kalkulator Zakat untuk menghitung berapa zakat yang wajib dikeluarkan, Jemput Zakat agar Anda tidak perlu pergi ke luar rumah hingga menu Tanya Ustaz yang akan terhubung langsung untuk berkonsultasi seputar agama, khususnya Ziswaf.

Untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan donasi, Dompet Dhuafa juga bekerjasama dengan lembaga keuangan agar proses pembayaran donasi di DD Apps dapat lebih mudah.  Kini masyarakat bisa melakukan donasi melalui transfer di mobile banking atau ATM, Virtual Account, hingga e-wallet seperti DANA, OVO, GoPay, dan sebagainya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *