Connect with us

Product Info

Acer Predator Helios Neo 16, Laptop dengan Desain Serasi, Performa Penuh Aksi

Published

on

Salah satu laptop gaming milik Acer, Predator Helios Neo 16 hingga memasuki tahun 2024 ini masih menjadi salah satu laptop primadona dari Helios family dikarenakan spesifikasi serta harga yang masih bisa bersaing dengan yang lain. Laptop ini menyasar para gamers entry level hingga profesional dan konten kreator dengan memanfaatkan spesifikasi dan fitur andalan dalam bermain game AAA, membuat animasi, serta mengedit video dan foto tanpa takut adanya isu seperti lag yang menjadi gangguan.

Untuk membuktikan ketangguhan dari Acer Predator Helios Neo 16 ini, berikut review laptop gaming Acer seperti berikut ini.

Kombinasi Serasi Hitam dan Biru pada Desain

Bukan Predator Helios namanya jika tidak menggunakan warna hitam yang menjadi warna dasar laptop gaming sebagai ciri khasnya. Acer Predator Helios Neo 16 masih menggunakan balutan warna hitam di sekujur tubuhnya.

Namun, laptop ini telah tampil berbeda dibandingkan Predator Helios Series sebelumnya. Kalau Predator Series sebelumnya disisipi logo Predator berwarna silver. Kali ini Acer Predator Helios Neo 16 disematkan logo Predator berukuran berwarna hitam yang ditempatkan di tengah pada bagian atas laptop. 

Uniknya, jika terkena cahaya logo Predator ini akan berubah menjadi keungu-unguan. Satu lagi yang membuatnya semakin fresh yaitu, pada bagian casing laptop ini terdapat beberapa kode yang membuat desainnya semakin berbeda dari laptop Acer generasi sebelumnya.

Berkat kombinasi warna hitam dan biru pada bagian sirip atau bagian bawahnya, Acer Predator Helios Neo 16 nampak serasi dan lebih segar. Tetapi, tidak menghilangkan kesan kokoh dan premium dari laptop gaming milik Acer ini.

Beralih ke bagian depan, terbentang layar beresolusi 16 inci dan sebuah webcam. Tepat di bawah layar, terdapat touchpad dan keyboard dengan lampu latar RGB. Keyboard laptop ini dilengkapi dengan lampu latar RGB 4 zona dan tombol hotkey mode yang dapat disesuaikan dengan situasi pengguna. Misalnya, waktu diam atau bermain.

Sementara di sisi kanan dan kiri serta bagian belakang laptop terdapat exhaust sebagai tempat pembuangan udara serta beberapa port seperti 2 buah port USB 3.2 Gen2, sebuah USB 3.2 Gen1, 2X Thunderbolt™ 4, dan sebuah port HDMI 2.1. Terdapat juga sebuah slot card reader pada sisi kanan laptop yang memungkinkan untuk transfer file apapun dengan sangat cepat.

Layar dan Performa Penuh Aksi

Laptop ini dibekali layar beresolusi 16 inci dan rasio aspek 16:10. Sementara untuk resolusi yakni WQXGA (2560 X 1600 pixel) yang telah didukung teknologi NVIDIA G-SYNC dan Advanced Optimus untuk memberikan daya grafis yang lebih maksimal dengan tingkatan refresh rate nya hingga 165 Hz.

Acer Predator Helios Ne 16 memiliki dapur pacunya yang disokong oleh 13th Gen Intel® Core™ i7-13700HX Processor dengan arsitektur hibrid performa terbaru yang memiliki 24 cores (8P-core + 16E-core) dan hingga 32 thread.

Prosesor ini juga dibantu oleh GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series yaitu GeForce RTX™ 4060 dalam pengolahan grafis saat bermain game, membuat animasi, serta mengedit video dan foto. Telah juga didukung teknologi NVIDIA Ada Lovelace Architecture dan DLSS 3 untuk frame tambahan berkualitas dan mengoptimalkan kemampuan ray tracing.

Fitur MGP (Maximum Graphics Power) hingga 140W yang memungkinkan performa grafis meningkat. Seperti saat bermain game AAA terbaru, Gotham Knights dan Doom Eternal yang berjalan lancar di laptop ini dengan tampilan lebih halus dan imersif. Tidak hanya bermain game, melakukan edit foto dan video menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Premiere ataupun animasi menggunakan software Autodesk Maya yang berjalan mulus di laptop ini, terutama saat proses rendering, nyaris tidak ada kendala. Visual yang ditampilkan saat menjalankan kedua software multimedia tersebut sangat detail.

Dukungan penting dari RAM DDR5-4800 MHz 32 GB dan SSD X2 berteknologi PCIe Gen4 dengan kapasitas mencapai 2TB/ Berkat kombinasi storage tersebut, membuka dan menjalankan game, dan software multimedia dengan sangat cepat, dari awal aplikasi dibuka hingga selesai digunakan.

Bermain game, membuka dan editing dengan software multimedia dan kegiatan lainnya dalam waktu yang lama, bahkan hampir seharian, laptop ini tidak terasa panas karena telah memiliki sistem pendingin terlengkap yang terdiri dari kipas AeroBlade generasi ke-5 yang canggih dengan 89 bilah dan pelumas termal logam cair yang mampu mengalirkan udara 10% lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya. Jika dibandingkan dengan kipas laptop gaming pada umumnya, kipas 3D Aeroblade memiliki performa 55% lebih baik dengan ketipisan bilahnya hanya 0.08mm. Didukung dengan liquid metal thermal grease, performa CPU dapat tetap maksimal meskipun dipakai dalam aktivitas multitasking ataupun gaming yang berat.

Sistem pendingin tersebut dapat diatur melalui aplikasi utilitas PredatorSense. yang dapat menyesuaikan pengaturan agar sesuai dengan performa laptop yang diinginkan saat sedang digunakan.

Kesimpulan

Dari segi desain, Acer Predator Helios Neo 16 nampak sangat serasi berkat perpaduan balutan warna hitam di sekujur tubuhnya dan casing terbaru maupun logo Predator di laptop ini.

Sementara performanya laptop ini penuh dengan aksi berkat kombinasi 13th Gen Intel® Core™ i7-13700HX Processor dan GPU NVIDIA GeForce RTX™ 4060 dengan sederet teknologi canggih dan detail.

Bagaimana? Tertarik membeli Acer Predator Helios Neo 16? Acer Predator Helios Neo 16 sudah tersedia di Indonesia melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline dengan harga diskon mulai dari Rp 25.999.000. Untuk pembelian online, Gadgetarian bisa mengunjungi Acer Online Store Indonesia.

Dalam setiap pembelian Acer Predator Helios Neo 16, sudah diinstal Windows 11 Home yang siap digunakan. Selain itu, disertakan pula 3 tahun garansi yang mencakup 3 tahun service, 3 tahun jaminan suku cadang serta 1 tahun Acer Priority Care (accidental damage protection serta layanan prioritas) dalam setiap pembelian Acer Predator Helios Neo 16 serta mendapatkan free mouse nitro dan backpack Predator.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *