Connect with us

Coffee Break

Nikmati Semua Kecanggihan Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Series

Published

on

AI atau kecerdasan buatan perlahan tapi pasti sudah merasuk ke dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari pekerjaan hingga ke aktivitas harian, seperti edit foto atau video, maupun menerjemahkan tulisan. Hasil survei yang dilakukan oleh Google menyebut bahwa sebanyak 35% dari Gen Z memanfaatkan AI untuk mengedit foto dan video melalui smartphone. Sementara 29%-nya menggunakan AI untuk keperluan menerjemahkan dokumen hingga menyortir data.

Hal tersebut membuktikan bahwa Gen Z memiliki tingkat awareness yang tinggi terhadap teknologi AI. Samsung sangat menyadari potensi sebesar itu sehingga terus melakukan inovasi terhadap pengembangan teknologi AI pada perangkat Galaxy. Dan kehadiran Galaxy S24 Series semakin mempertegas komitmen Samsung dalam tujuannya meningkatkan produktivitas dan kreativitas dari penggunanya.

Memangnya kecanggihan AI seperti apa, sih, yang ditawarkan oleh Samsung di Galaxy S24 Series?

Gadgetarian akan terkejut mengetahui ada begitu banyak yang disuguhkan oleh Galaxy AI untuk membantu aktivitas dan produktivitas sehari-hari, serta betapa mudahnya menggunakan segala kecanggihan AI tersebut. Hanya dengan mengandalkan Galaxy S24 Series, Gadgetarian tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan untuk merasakan kecanggihan fitur-fitur AI yang diusungnya.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan dengan Galaxy AI di Galaxy S24 Series?

Mencari informasi apapun lebih mudah dan cepat dengan menggunakan Circle to Search with Google

Zaman sekarang kalau ingin mencari informasi apapun sudah dipastikan kita akan membuka internet dan mengetikkan kata kunci dari objek atau subjek yang ingin dicari. Gadgetarian juga pasti begitu. Dan itu cara yang mudah, tetapi itupun kadangkala masih dipusingkan dengan gambar atau objek yang sulit dideskripsikan menggunakan kata-kata, apalagi kalau tidak tahu nama atau jenis objeknya. Namun, bagaimana jika ada cara yang jauh lebih mudah, dan adakah caranya? Ada. Namanya Circle to Search with Google yang memberikan cara baru dalam mencari informasi.

Dengan menggunakan fitur Circle to Search with Google, Gadgetarian akan semakin dimudahkan dalam mencari informasi apapun yang diinginkan. Misalnya, Gadgetarian tengah menonton kanal YouTube favorit dan penasaran dengan outfit yang dikenakan oleh content creator-nya, atau influencer favoritmu tengah Live IG dan Gadgetarian ingin tahu merek jam tangan yang dikenakannya, Gadgetarian tidak perlu lagi repot-repot membuka internet lalu mengetikkan kata kuncinya karena dengan Circle to Search with Google, Gagdetarian hanya perlu melingkari objek yang ingin dicari tahu informasinya dan informasi pun bisa diakses secara instan.

Caranya dapat dilihat di bawah ini:

Tekan dan tahan tombol Home Button di smartphone

Lingkari objek yang ingin Gadgetarian ketahui informasinya

Informasi dari objek yang Gadgetarian lingkari akan langsung muncul di Google dalam bentuk pop-up browser

Gadgetarian juga bisa mendapatkan informasi yang lebih mendalam berdasarkan follow-up question yang ingin diketahui atau menambahkan pertanyaan yang lebih spesifik

Fitur Circle to Search with Google dapat digunakan pada tampilan apapun di layar Galaxy S24 Series, mulai dari aplikasi media sosial, foto di galeri, hingga tampilan layar kamera.

Mengubah percakapan dari video atau rekaman suara menjadi teks dengan Transcript Assist

Biasanya kalau ingin transkrip audio terlebih dahulu harus meng-copy audio utuk dipindahkan ke website atau aplikasi AI yang bisa memberikan transcript.  Kini Gadgetarian tidak perlu repot lagi melakukan transkrip dari video atau rekaman suara karena dengan adanya fitur Transcript Assist, aktivitas mengubah percakapan menjadi teks akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Asyiknya lagi, Gadgetarian juga bisa langsung menerjemahkannya ke dalam 13 bahasa, yaitu bahasa Mandarin, Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis, Spanyol, Thailand, dan Vietnam.

Berikut cara menggunakan fitur Transcript Assist:

Pilih rekaman yang ingin kamu transkrip

Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudian klik Transcribe

Pilih bahasa yang kamu inginkan

Transkrip dari rekaman suara yang kamu pilih sudah selesai

Mencatat informasi lebih praktis dengan fitur Note Assist

Anggaplah Gadgetarian kurang rapi dalam hal catat-mencatat dan terlalu malas untuk merapikannya. Gadgetarian tidak perlu sampai puyeng karena dengan fitur Note Assist, catatan yang berantakan tadi akan diatur ulang secara otomatis oleh AI menjadi lebih rapi dan terstruktur.

Caranya seperti di bawah ini:

Buka aplikasi Notes di Galaxy S24 Series-mu

Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudian pilih Summarize

Ringkasan catatanmu sudah terproses oleh Galaxy AI

Merangkum artikel dan menerjemahkan lebih mudah dengan menggunakan fitur Browsing Assist

Misalnya Gadgetarian mendapatkan tugas dari pak bos yang mengharuskan untuk membaca artikel untuk kemudian merangkumnya. Belum apa-apa sudah puyeng duluan karena kepikiran ritual melakukan copy paste artikel ke website penyedia AI yang dituju. Nah, dengan fitur Browsing Assist, puyeng pun jadi bye bye karena fitur tersebut akan menjadikan aktivitas membaca, meringkas, atau melakukan riset kecil-kecilan dari internet lebih praktis, singkat, dan efisien tanpa perlu bergeser dari artikel yang sedang dibuka. Kerennya lagi, Browsing Assist juga bisa melakukan penerjemahan secara otomatis.

Berikut cara menggunakan Browsing Assist:

Buka aplikasi Samsung Internet, dan buka halaman web manapun

Klik ikon Browsing Assist, dan pilih ëSummarizeí

Teks tersebut akan dirangkum dalam poin-poin. Dan kamu juga dapat menerjemahkan halaman web yang diringkas dengan klik ikon Translate

Solusi batasan bahasa secara real-time

Di zaman sekarang kendala bahasa asing masih sering terjadi. Contoh paling umum, masih banyak yang tidak menguasai Bahasa Inggris sehingga peluang untuk bekerja di luar negeri atau setidaknya bekerja sama bareng bule secara remote menjadi kecil. Padahal penguasaan bahasa asing itu penting. Untungnya, Galaxy S24 Series menawarkan solusi dari batasan bahasa tadi dengan menyematkan teknologi AI ke dalam fitur-fiturnya.

Misalnya, Gadgetarian tengah freelance dengan perusahaan dari luar negeri dan tentunya kedua pihak memiliki bahasa yang berbeda, maka dengan Live Translate kendala bahasa dapat terselesaikan ketika berkomunikasi karena fitur tersebut secara otomatis menerjemahkan ucapan dalam panggilan telepon ke dalam 13 bahasa. Namun, pastikan Gadgetarian sudah mengunduh bahasa yang diinginkan melalui menu pengaturan untuk menggunakan Live Translate.

Ambil contoh, anggaplah Gadgetarian berkomunikasi dengan rekan kerja dari negara yang berbeda bahasa, dengan bantuan Galaxy AI yang memiliki fitur Interpreter maka percakapan secara tatap muka akan langsung diterjemahkan pada tampilan multi-window sehingga Gadgetarian bisa langsung melihat setiap kalimat yang diterjemahkan oleh AI.

Cara untuk menggunakan fitur ini pun sangat mudah:

Swipe ke bawah pada halaman utama untuk membuka menu pengaturan

Kemudian pilih opsi “Interpreter”

Terjemahan-mu sudah diproses oleh Galaxy AI

Fitur ini juga bisa Gadgetarian gunakan saat berkomunikasi dengan lawan bicara melalui panggilan telepon, dan memilih bahasa yang ingin digunakan dengan menggunakan fitur Call Assist.

Caranya:

Saat kamu sedang menelpon atau menerima telepon, klik ikon Call Assist

Klik ikon Live Translate

Bixby voice akan secara otomatis menggunakan konfigurasi bahasa yang dipilih di Pengaturan perangkat-mu untuk memulai percakapan

Dan berkolaborasi bareng rekan dari berbagai negara juga lebih mudah berkat keunggulan fitur-fitur inovatif dari Galaxy AI yang tersedia di beberapa platform media sosial, seperti Instagram direct message, Whatsapp, dan platform lainnya, tanpa memerlukan aplikasi ketiga. Berkat adanya Chat Assist yang terintegrasi dengan Samsung Keyboard, Gadgetarian dapat langsung menerjemahkan chat secara instan tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan hasil terjemahan yang akan muncul secara real-time begitu Gadgetarian selesai mengetik. AI yang terdapat di Samsung Keyboard juga dapat menerjemahkan pesan ke dalam 13 bahasa.

Dan untuk memanfaatkan fitur Chat Assist dan Live Translate, pastikan untuk mengaktifkan opsi ini melalui pengaturan. Berikut langkahnya:

Buka pengaturan pada perangkat kamu

Klik pada opsi Pengaturan Panggilan

Pilih Panggilan Teks untuk mengaktifkan fitur Chat Assist

Pilih Terjemahan Langsung untuk mengaktifkan fitur Live Translate

Gadgetarian sekarang dapat menerima terjemahan secara langsung ketika berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda melalui pesan atau panggilan.

Chat Assist juga menyuguhkan writing style (kasual atau formal) yang sesuai konteks, dan suggestion jawaban berdasarkan percakapan yang berlangsung.

Bikin konten dan edit foto lebih mudah dengan Photo Assist

Kalau Gadgetarian berprofesi sebagai content creator, maka Photo Assist akan sangat membantu dalam menciptakan karya sempurna dengan memanfaatkan Galaxy AI untuk melakukan next-level photo editing, mulai dari retouch hingga resize tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Photo Assist memiliki beberapa fitur canggih, contohnya Generative Edit berbasis AI yang akan membantu Gadgetarian dalam mengubah ukuran, posisi, hingga menghilangkan objek yang mengganggu, termasuk memungkinkan untuk mengisi ruang kosong pada frame dengan background yang menyesuaikan nuansa di sekelilingnya menggunakan AI generatif

Dengan Photo Assist, Gadgetarian akan dimungkinkan untuk menghapus objek yang mengganggu, memperbesar atau memperkecil objek termasuk memperluas background objek, hingga menghapus refleksi atau bayangan.

Berikut cara menggunakan fitur Photo Assist:

Pilih foto yang ingin kamu edit di aplikasi galeri

Klik ikon , kemudian klik ikon Generative Edit

Gambar di sekitar objek yang ingin kamu sesuaikan, posisikan objek sesuai dengan keinginanmu, mulai dari memperbesar, memperkecil, atau meluruskan

Klik ikon ëGenerateí untuk memproses foto editan-mu

Berkat AI editing tools berbasis Galaxy AI, Gadgetarian pun semakin dimudahkan dalam memperbaiki foto dengan menggunakan fitur-fitur inovatifnya, seperti fitur Reflection Eraser yang akan menghapus pantulan atau bayangan, dan Object Eraser untuk menghapus objek atau subjek yang tidak diinginkan.

Cara menggunakannya seperti di bawah ini:

Buka hasil fotomu di galeri

Ketuk ikon pensil di bagian bawah perangkat

Pilih ikon berbentuk empat bulatan

Pilih opsi Penghapus Objek

Pilih Hapus Pantulan atau Hapus Bayangan

Ada pula Background Filling yang bisa dimanfaatkan jika ada foto-foto yang ingin Gadgetarian bikin jadi lebih simetris atau proporsional hingga menyesuaikan posisi objek atau subjek di dalam foto dengan hasil yang lebih smooth.

Caranya:

Buka hasil fotomu di galeri

Buka ikon bintang biru di sebelah kiri bawah perangkat

Pilih objek yang ingin kamu resize atau pindahkan

Klik tombol Buat, dan AI akan bekerja untuk mengisi gambar yang kosong

Samsung juga menyuguhkan opsi editing yang lebih praktis melalui Edit Suggestion yang secara instan dapat menganalisis hasil foto dan memberikan saran penyesuaian terbaik, seperti menghapus objek, atau menghilangkan refleksi dan bayangan yang mengganggu hanya dengan sekali klik tombol.

Kecanggihan editing tools tadi dalam menciptakan konten epic juga tak lepas dari kontribusi teknologi AI yang dibuktikan dengan dihadirkannya fitur ProVisual Engine terbaru yang mendukung empat kegunaan utama dalam memotret atau merekam video. Yang pertama, mendukung AI Zoom untuk memperbesar hingga 100x tanpa pecah (Space Zoom), lalu ada pengoptimalan Nightography System untuk pengambilan foto dan video yang lebih sempurna di kondisi low light, dukungan Object Aware Engine untuk menghasilkan gambar Super HDR, dan AI frame generation untuk menghasilkan Instant Slow-mo yang impresif.

Galaxy S24 Series juga dilengkapi fitur Super HDR yang tidak hanya terbatas di aplikasi kamera bawaan saja, tetapi juga dapat digunakan di aplikasi pihak ketiga, seperti Instagram ketika membuat konten. Jadi, Gadgetarian bisa bikin konten berkualitas tinggi langsung dari Instagram tanpa perlu membuka aplikasi kamera bawaan.

Dapatkan Galaxy S24 Series sekarang juga dan rasakan segala kemudahannya!

Galaxy S24 Series menawarkan performa tinggi dan kamera tercanggih yang menjadi daya pikat utama bagi anak muda zaman now. Jangan ketinggalan buat dapetin smartphone ini, Galaxy S24 Ultra hadir mulai dari harga Rp21.999.000 (12/256GB), lalu Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai Rp16.999.000(12/256GB) sedangkan Galaxy S24 tersedia mulai dari harga Rp13.999.000 (8/256GB).