Connect with us

News

Lonjakan Tertinggi Layanan XL Axiata Terjadi di Kebumen

Published

on

Setelah Telkomsel melaporkan trafik layanan data pelanggannya yang ramai di wilayah Jawa Barat, XL Axiata juga melaporkan trafik layanan datanya selama musim mudik lebaran lalu.  Bedanya XL Axiata justru mengalami lonjakan trafik tertinggi di Jawa Tengah.  Dalam laporannya, XL Axiata telah memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggannya selama libur Ramadan dan Lebaran.

Hal ini terlihat dari tingginya pemanfaatan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari selama periode Ramadan dan Lebaran.  Selama periode ini trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 60%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%.  Data ini hasil pantauan Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta antara 4 April 2024 – 14 April 2024.

Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%. Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%, YouTube naik 17%, TikTok 14%, Netflix naik 42%, dan Spotify naik 23%.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%. Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.

Tidak seperti operator lain, pergerakan pelanggan XL Axiata berpusat ke Jawa Tengah dengan Kebumen sebagai tempat dengan trafik layanan data XL Axiata tertinggi selama musim mudik lebaran ini.  Kebumen mencatatkan kenaikan trafik  layanan sebesar 68% disusul Cilacap dan Pemalang yang juga mengalami lonjakan trafik layanan tertinggi.

Berikut beberapa kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dengan kenaikan trafik layanan XL Axiata tertinggi:
1. Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 68%
2. Kab. Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 58%
3. Kab. Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 53%
4. Kab. Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 52%
5. Kab. Brebes, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 50%
6. Kab. Tegal, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 48%
7. Kab. Pandeglang, Provinsi Banten, naik sebesar 47%
8. Kab. Indramayu, Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 39%
9. Kab. Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 37%
10. Kab. Garut, Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 36%

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *