Connect with us

News

Indosat Berhasil Antisipasi Lonjakan Trafik

Published

on

Lonjakan trafik layanan komunikasi dan data selama masa mudik lebaran tahun ini berhasil diantisipasi oleh Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat).  Indosat sendiri mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Kenaikan trafik ini sekaligus memberikan gambaran keberhasilan Indosat melayani pelanggan dan masyarakat selama masa kenaikan trafik telekomunikasi sepanjang Ramadan, Lebaran dan masa libur setelah Lebaran. Lonjakan trafik  yang  telah diprediksi ini dikontribusikan oleh peningkatan penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, hingga aplikasi mobile gaming.

Keberhasilan Indosat mengantisipasi lonjakan trafik layanan tak lepas dari upayanya dengan menghadirkan teknologi canggih termasuk yang berbasis artificial intelligence/machine learning. Penggunaan teknologi terbaru ini memberikan efisien dari sisi penggunaan energi, serta dukungan sumber daya manusia yang andal. Antisipasi peningkatan kebutuhan telekomunikasi pelanggan juga dilakukan dengan menambah 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS).

Indosat juga mengerahkan dukungan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.  Indosat juga menyiagakan lebih dari dua ribu personel yang bekerja 24 jam 7 hari baik di lapangan maupun di Pusat Operasi Jaringan Indosat (INOC) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kepuasan pelanggan Indosat selama musim mudik lebaran juga tercermin pada semakin turunnya tingkat komplain atau aduan pelanggan Indosat.  Hasilnya, jumlah tiket aduan pelanggan mengalami penurunan sebesar 26% untuk IM3 dan 42% untuk Tri dibandingkan periode lebaran tahun sebelumnya.

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan “Pelayanan yang kami berikan sepanjang periode Hari Raya Idulfitri dan juga musim mudik menjadi bukti komitmen kami untuk terus dapat melayani pelanggan di manapun dan dalam situasi apapun, termasuk saat periode Ramadan dan Lebaran.  Komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed atau jaminan pelayanan jaringan yang tak tertandingi,  menjadi landasan untuk terus meningkatkan kualitas jaringan, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga diperluas hingga ke wilayah pedesaan di seluruh Indonesia.”

Presiden direktur Indosat Ooredoo Hutchison, Vicram Sinha didampingi para petinggi Indosat memantau trafik layanan Indosat di Pusat Operasi Jaringan Indosat (INOC).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *