Connect with us

Coffee Break

Apa Itu Social Selling? Cekidot

Published

on

Apakah Gadgetarian pernah mendengar istilah social sellingSocial selling adalah teknik penjualan yang memanfaatkan media sosial untuk dapat memperluas pasar, menemukan konsumen, membangun kepercayaan, dan pada akhirnya, menjual produk atau jasa. Nah, kalau  Anda saat ini sedang berjualan melalui media sosial, selamat, Anda adalah seorang social seller!

Namun, apakah saat ini Gadgetarian merasa bisnis yang dijalani melalui media sosial kurang atau tidak berkembang? Jika ya, maka semoga artikel ini bisa membantu Gadgetarian mengembangkan bisnis. 

Saat Gadgetarian melakukan penjualan produk atau jasa di media sosial atau social selling, sebetulnya  Gadgetarian tidak melulu hanya berjualan, tapi sedang membangun koneksi dengan orang lain yang merupakan target market bisnis Anda.

Tantangan utama bagi seorang social seller adalah menciptakan interaksi dengan calon konsumen, dan menawarkan solusi atas permasalahan yang dihadapi konsumen melalui produk atau layanan yang dijual.

Lalu, bagaimana cara melakukan social selling? Setidaknya empat hal berikut ini yang perlu Anda lakukan:

    • Pilih Platform yang Tepat
      Ada banyak sekali platform social media sekarang ini, pilih dengan bijak dan sesuai dengan target market Gadgetarian. 
    • Pahami Algoritma  setiap platform media sosial
      Setiap media sosial memiliki sistem algoritma yang berbeda.Dengan memahami bagaimana hal tersebut bekerja maka Gadgetarian bisa  meningkatkan pangsa pasar dan penjualan . Kunci utama dalam memahami algoritma adalah viralitas. Algoritma Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok sangat menyukai konten dengan viralitas yang tinggi. Kuncinya, buatlah konten yang relevan dan memicu interaksi dengan audiens. Selain itu faktor lain seperti konsistensi, detail keterangan produk, hashtag, serta ketepatan waktu mengunggah konten juga menjadi hal yang bisa mendukung. 
    • Buat Profil yang Profesional dan Menjual
      Sudah menemukan dan menentukan platform yang akan Gadgetarian gunakan? Jika sudah, buatlah profil  seprofesional mungkin.  Mulai dari keterangan singkat untuk membuat audiens tau kelebihan bisnis Gadgetarian, serta konten-konten dengan visual yang kuat. 
    • Lupakan Spamming dan Bangun Hubungan yang Kuat
      Hindari spamming dengan terus memposting konten jualan, sekali lagi, konten yang baik adalah konten yang sifatnya solutif. Ketika sudah ada interaksi, Gadgetarian harus menjaga hubungan dengan followers. Perkuat hubungan dengan cara saling berinteraksi di postingan mereka. Jangan hanya fokus membuat konten dan berharap ada interaksi instant di post tersebut.
  • Tentukan solusi transaksi agar tetap produktif dan terhindar dari penipuan

Karena Gadgetarian bertransaksi menggunakan media sosial, pemilihan metode check out menjadi sangat penting agar Anda bisa tetap produktif dan terhindar dari penipuan. Salah satu platform yang menawarkan hal tersebut adalah Midtrans yang memungkinkan Gadgetarian bisa menerima lebih dari 20 metode pembayaran mulai dari Debit/ Credit Card, transfer bank, E-wallet dan yang lainnya. 

Tidak perlu repot harus memiliki website untuk menyambungkan API dulu, Midtrans juga menawarkan fitur Payment Link untuk pelaku UMKM. Hanya dengan membuat link yang dapat dibagikan lewat inbox di media sosial atau aplikasi chat, konsumen dapat langsung memproses pembayarannya dengan cepat. Selain mempermudah, ini juga dapat menghindari konsumen membatalkan transaksi karena cara membayar yang sulit. Segera daftarkan usaha Gadgetarian ke Midtrans dan gunakan  fitur Payment Link Midtrans.

Tidak hanya itu, transaksi bisnis Gadgetarian juga langsung tercatat secara otomatis, yang tentunya dapat membantu Anda menjalankan bisnis secara lebih efisien.