Connect with us

News

Ini Dia Yang Bisa Dilakukan di MyTelkomsel

Published

on

Era digital yang saat ini kitap jalani benar-benar mengubah perilaku dan kebiasaan kita selama puluhan tahun.  Selama ini kita melakukan semuanya secara manual seperti membeli kebutuhan sehari-hari kita harus datang ke warung atau membeli tiket bioskop harus datang mengantre di loket bioskop.  Makin mapannya layanan internet kita terutama setelah layanan 4G LTE sudah hadir di semua kecamatan di Indonesia membuat masyarakat semakin mudah terhubung ke dunia maya.  Hal ini semakin dipermudah dengan makin terjangkaunya perangkat ponsel pintar.

Hal ini membuat masyarakat semakin banyak melakukan kegiatan sehari-hari di dunia digital apapun kegiatannya.  Makin baiknya layanan internet membuat toko daring bermunculan membuat masyarakat kita tak lagi datang ke toko untuk membeli aju atau membeli kebutuhan pribadi lainnya.  Kita tak perlu membeli tiket kereta api di loket stasiun, bahkan kita juga tak perlu lagi antre di loket PLN untuk membeyar taxihan listrik.  Kini semua bisa kita lakukan di ponsel pintar kita melalui masing-masing aplikasi.  Namun hal ini membuat ponsel pintar kita penuh dengan aplikasi yang memberikan beragam layanan.

Bagi Gadgetarian pelanggan Telkomsel terutama yang menggunakan layanan 4G tentu sudah tak asing dengan aplikasi MyTelkomsel.  Aplikasi ini biasa digunakan untuk melihat kuota internet kita hingga membeli kuota internet jika sudah habis.  Promo layanan pun sudah banyak diberikan Telkomsel terutama dalam menyambut hari-hari besar seperti lebaran maupun saat menyambut hari kemerdekaan RI.

Aplikasi MyTelkomsel sendiri terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan 38 juta pengguna aktif bulanan, aplikasi ini juga memperoleh peringkat tertinggi (4,4 di Android & 4,7 di Apple) dengan pertumbuhan YoY sebesar 12,0%.  Hal ini menunjukkan bahwa MyTelkomsel menjadi aplikasi favorit pelanggan Telkomsel.  Apalagi pelanggan Telkomsel pada semester pertama 2024 meningkat sebesar 4,3% YoY, dari 153,269 juta menjadi 159,882 juta.

Aplikasi dengan pengguna sebanyak itu rasanya sayang jika hanya digunakan untuk membeli pulsa atau membeli kuota internet saja.  Hal inilah yang membuat MyTelkomsel kini menjelma menjadi super app yang bisa digunakan untuk banyak kegiatan bagi semua penggunanya. Ditambah dengan peluang penambahan pendapatan dari penggunaan aplikasi ini.

MyTelkomsel secara resmi berubah menjadi super app pada pertengahan Juli 2024 lalu.  Predikat super app ini terlihat dari banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan penggunanya di aplikasi MyTelkomsel.  Gadgetarian kini bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel untuk memesan tiket pesawat hingga memesan hotel.  MyTelkomsel menggandeng Traveloka untuk menyediakan layanan booking tiket pesawan dan hotel sehingga Gadgetarian tak perlu membuka banyak aplikasi karena aplikasi Traveloka bisa dibuka dalam aplikasi MyTelkomsel.

Aplikasi MyTelkomsel juga bisa memudahkan Gadgetarian dalam hal pembayaran seperti pembayaran parkir.  Hal ini karena MyTelkomsel memiliki fitur Auto Gate MyTelkomsel memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran parkir secara otomatis, sehingga tidak perlu membuka jendela mobil atau mengambil karcis.  Jika Gadgetarian adalah penggemal film atau video, MyTelkomsel juga memiliki fitur Entertainment yang menyediakan berbagai pilihan hiburan, mulai dari streaming video, mendengarkan musik dan podcast , bermain game , hingga membaca artikel.

Sebagai super app yang masih muda, fitur-fitur unggulan yang ditawarkan pada MyTelkomsel seperti layanan digital lifestyle yang mencakup health, travel, payment, entertainment, dan commerce sudah cukup baik.  Meski demikian MyTelkomsel masih membutuhkan pengembangan yang lebih jauh kedepannya. MyTelkomsel masih membutuhkan banyak partner untuk dapat meramaikan MyTelkomsel seperti pembelian tiket kereta api yang merupakan moda transportasi favorit masyarakat Indonesia serta pembayaran yang lebih terintegrasi dengan lebih banyak jenis pembayaran.

Apa yang dilakukan oleh Telkomsel pada aplikasinya itu merupakan salah satu upaya yang tak hanya untuk memberikan kemudahan kepada pelanggannya namun juga pengembangan usahanya.  Sebagai perusahaan yang tak lagi hanya menjual layanan telekomunikasi maka pendapatannya tak hanya dari penjualan pulsa saja.  Telkomsel yang kini menjelma sebagai digital telco company juga meraih banyak pendapatan dari layanan digital yang diberikannya.  Sehingga kehadiran MyTelkomsel sebagai super app seperti menghadirkan sebuah toko serba ada kepada pelanggannya yang selama ini berbelanja di banyak toko terpisah.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *