News
Samsung Electronics Brand Global Terbaik
Samsung kembali menunjukkan kedigdayaannya di bidang industri elektronik dunia. Hal ini terlihat setelah Samsung Electronics Co., Ltd. kembali meraih prestasi dengan masuk ke jajaran Interbrand “Global Top 5” selama lima tahun berturut-turut. Menurut laporan tahunan Interbrand mengenai “Best Global Brands,” nilai merek Samsung mencapai US$100,8 miliar, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Ini menunjukkan kekuatan dan daya tarik merek Samsung di pasar global yang luar biasa.
Peningkatan signifikan brand value Samsung Electronics ini dipicu oleh pertumbuhan pesat dalam industri AI, terutama dalam kepemimpinan Samsung di bidang AI on-device dan daya saingnya di sektor semikonduktor. Sejak pertama kali memasuki jajaran lima besar pada tahun 2020, Samsung telah mencatat pertumbuhan mengesankan sebesar 62% dalam empat tahun terakhir. Hal ini menjadikannya sebagai satu-satunya perusahaan Asia yang bertahan di antara lima besar merek global.
“Pertumbuhan brand yang signifikan pada tahun ini merupakan hasil dari pendekatan holistik kami terhadap AI dan upaya untuk menghadirkan teknologi canggih ini ke tangan pengguna Samsung di seluruh dunia,” kata YH Lee, President and Head of the Global Marketing Office, Samsung Electronics. “Ke depannya, kami akan terus menghadirkan rangkaian kualitas yang disukai dan diharapkan oleh pengguna kami.”
Penilaian Interbrand menunjukkan bahwa Samsung Electronics dipengaruhi secara positif oleh beberapa hal seperti penerapan teknologi AI dalam produk-produk utama dan kepemimpinannya pada pasar AI on-device. Hal ini terlihat dari beberapa produk smartphone serta juga produk home appliancenya yang sudah menerapkan teknologi AI. Peningkatan pengalaman terhubung melalui platform dan produk yang mendukung AI juga nampak mempengaruhi brand Samsung secara positif.
Samsung juga menguasai pangsa pasar AI berdasarkan daya saingnya di sektor semikonduktor dengan menerapkan strategi brand yang konsisten di pasar global. Dan yang tak kalah menarik adalah konsistensi Samsung dalam menerapkan konsep produksi dan teknologi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.
Tahun ini, dengan visi “AI for All,” Samsung memperluas portofolio produknya dengan teknologi AI untuk meningkatkan pengalaman konsumen. Dengan peluncuran Galaxy S24 series, Samsung memimpin dalam mobile AI. Selain itu, perusahaan ini juga telah meluncurkan TV AI yang dilengkapi dengan prosesor AI dan fitur AI upscaling, serta memperkenalkan perangkat BESPOKE AI yang dirancang untuk memberdayakan kehidupan sehari-hari pengguna. Langkah ini menunjukkan komitmen Samsung dalam menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi penggunanya.