Connect with us

News

11 April, Microsoft Stop Dukungan untuk Windows Vista

Published

on

Buat Gadgetarian yang masih menggunakan Windows Vista di laptop atau desktop, ada kabar kurang sedap nih, Microsoft akan menghentikan dukungannya bagi sistem operasi keluaran 2007 itu pada 11 April mendatang. Artinya, sejak tanggal itu tidak ada lagi pembaruan sistem, perbaikan fitur maupun peningkatan keamanan. Nggak masalah sih, kalau masih mau tetap lanjut pake Vista cuma ke depannya komputer Gadgetarian akan lebih rentan terkena serangan siber, seperti malware atau virus.

Para pengguna Windows Vista dianjurkan melakukan upgrade ke OS Windows 10 terbaru, dengan catatan kalau hardware-nya support ya. Kalau tidak mendukung, hardware mesti diganti juga.

Menurut pihak Microsoft, aplikasi dan perangkat baru yang tersedia di pasaran sudah tak lagi bisa bekerja dengan Windows Vista. “Antivirus dari Microsoft Security Essentials yang cocok dengan Vista juga memiliki efektivitas yang terbatas.”

Vista sendiri sebenarnya bukanlah sistem operasi populer dan sukses yang pernah dikeluarkan Microsoft. Saat ini pangsa pasarnya cuma 0,78 persen dari semua sistem operasi komputer.

Saat dirilis 2007 lalu, Vista sebenarnya digadang-gadang sebagai suksesor Windows XP. Tapi saat itu, popularitas XP masih kuat dan tak terkalahkan, ditambah lagi Vista memiliki banyak bug pada fitur-fiturnya.