Connect with us

News

24 Tahun Berinovasi Untuk Negeri

Published

on

November adalah bulan yang bersejarah bagi Epson Indonesia.  Produsen peralatan dengan teknologi canggih ini dikenal dengan produk printer dan proyektornya di Indonesia kini berulang tahun.  Nama Epson memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia terutama pengguna produknya.  Hal ini karena sudah jutaan orang Indonesia merasakan kecanggihan teknologinya dalam hal mencetak karena ada di semua lini mulai dari rumah hingga perkantoran maupun usaha pencetakan.

Tahun ini Epson Indonesia genap 24 tahun berkarya di Indonesia dengan segala inovasi dan sumbangsihnya untuk perekonomian negara.  PT Epson Indonesia dibentuk pada Oktober 2000 sebagai perwakilan penjualan Seiko Epson Corporation yang berkedudukan di Jepang. Berkantor di Jakarta, Epson Indonesia memiliki jaringan layanan yang luas di 114 kota-kota Indonesia. Hingga kini, Epson terus memenuhi kebutuhan pelanggan melalui  rangkaian produk lengkap yang menawarkan presisi tinggi dan energi yang efisien.

Epson Indonesia merupakan satu-satunya produsen printer dan perangkat berteknologi tinggi yang memiliki pabrik di Indonesia.   Itulah mengapa Epson menjadi satu-satunya yang mampu memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN).  Di beberapa produk, Epson bahkan mampu memenuhi TKDN hingga 63% dan menjadi satu-satunya produk yang bisa disebut sebagai produk Indonesia.

Epson sendiri memiliki dua pabrik besar yaitu PT Indonesia EPSON Industry yang terletak di Cikarang Selatan, Bekasi, untuk memenuhi pasar dalam negeri dan ekspor. Sedangkan pabrik lainnya adalah PT Epson Batam di Kepulauan Riau yang memproduksi tinta dan alat pemindai atau scanner.

Menurut laporan dari lembaga survey IDC, Epson memegang pangsa pasar tertinggi untuk printer rumah/kantor di Indonesia pada kuartal IV 2023 dengan 64,3 persen.   Penguasaan Epson di Indonesia jauh melampaui para pesaingnya seperti Canon dengan penguasaan pasar sebesar 17,2 persen, HP dengan 11,0 persen, Brother dengan 6,4 persen, dan Fujifilm dengan 0,5 persen.

Meskipun produk printer masih menjadi penopang utama pendapatannya, namun Epson Indonesia juga berusaha untuk menjadi pemimpin pasar di beberapa produk lainnya seperti proyektor.  Meskipun masih terus berkembang namun keseriusan Epson Indonesia bermain di pasar proyektor semakin tinggi seperti dengan hadirnya proyektor yang diklaim sebagai prorektor karya anak bangsa karena dikembangkan secara mandiri oleh Epson Indonesia.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *