Connect with us

News

Liburan Tiba Trafik Jaringan Meningkat

Published

on

Dalam setahun ada dua masa dimana trafik layanan seluler terutama data mengalami lonjakan yang cukup tinggi dibanding hari biasanya yaitu saat mudik lebaran serta liburan akhir tahun. Kini saat liburan akhir tahun 2018 sudah dimulai. Namun masa liburan akhir tahun kenaikan trafiknya tak semasiv saat mudik lebaran. Hal ini karena masa mudik lebaran lebih panjang sedangkan masa liburan akhir tahun dipecah menjadi libur Natal dengan libur tahun baru sehingga trafik layanan data mengalami fluktuasi. Meski demikian ternyata kedua libur yang berdekatan tersebut mampu menaikkan trafik layanan seluler di semua operator telekomunikasi.

Trafik Layanan Data Indosat Ooredoo Naik 74.2%

Saat libur Natal tahun 2018 ini Indosat Ooredoo berhasil mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi selama perayaan Natal pada Selasa, 25 Desember 2018, khususnya untuk trafik layanan data. Selama masa perayaan Natal, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik cukup signifikan, dimana pada tanggal 25 Desember 2018 trafik data meningkat menjadi 6.824 TeraBytes, meningkat sebesar 12,9% dibanding trafik hari biasa dan meningkat 74,2% dibanding trafik pada hari Natal tahun sebelumnya.

Sementara untuk trafik suara mengalami penurunan sebesar 14,86% dibandingkan trafik hari biasa, sedangkan trafik SMS naik sebesar 8,4% dibandingkan dengan trafik SMS hari biasa. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

Smartfren Sambut Lonjakan dengan Berbagai Paket Layanan 4G

Sementara itu Smartfren memprediksi kenaikan traffic selama libur Natal dan Tahun Baru 2019 antara 15% – 18% secara keseluruhan. Dari seluruh kenaikan tersebut pihak Smartfren memprediksi akan didominasi oleh layanan data. Menurut Munir SP, VP Government and Industry Relation Smartfren, pada hari raya Natal dan Tahun Baru umumnya lonjakan komunikasi justru terjadi di lokasi tujuan wisata, seperti tempat hiburan serta pusat perbelanjaan. Karenanya Smartfren fokus untuk memperkuat jaringannya di wilayah-wilayah tujuan wisata di lebih dari 200 kota di Indonesia.

Untuk mengantisipasi lonjakan di jaringannya, selain melakukan optimasi jaringan Smartfren juga melakukan langkah intensive network monitoring selama 24 jam penuh mulai 17 Dec 2018 hingga 7 Jan 2019. Smartfren juga menyiagakan mobile BTS dan Task Force Team, yang akan langsung diturunkan jika terjadi kendala. Kesiapan jaringan Smartfren jelang masa liburan akhir tahun ini terlihat dari encarna Smartfren menawarkan berbagai layanan 4G untuk menemani liburan tahun ini. Berbagai penawaran di jaringan 4G Smartfren antara lain Super 4G Video, Super 4G Music dan Super 4G Games.

Layanan Telkomsel Aman

Sementara itu jaringan Telkomsel pada saat Natal juga mengalami peningkatan terutama pada layanan data dan penurunan pada layanan voice. Telkomsel mencatat payload sebesar 16,370 TeraByte (16.0 PetaByte) atau naik 12.5 % jika dibandingkan dengan hari biasa pada 2018 atau naik 60.2 % jika dibandingkan pada Malam Natal 2017. Tingginya layanan data Telkomsel terkonsentrasi di wilayah Jawa Barat yang merupakan sentra obyek Wisata seperti di Bandung dan Lembang yang mengalami peningkatan sebesar 19,9% dibanding hari biasa. Kemudian Jawa Tengah yang juga memiliki banyak obyek Wisata mengalami peningkatan trafik layanan data sebesar 19,1%.

Meskipun traffic layanan voice mengalami penurunan sebesar 4,12% dibanding hari biasa namun Telkomsel masih mencatat trafik layanan voice yang cukup tinggi yaitu 1,28 miliar menit. Hal ini kemungkinan dikarenakan eksistensi Telkomsel di wilayah-wilayah terpencil di Indonesia seperti di NTT dan Wilayah timur Indonesia lainnya dimana penduduknya masih gemar melakukan panggilan telepon. Namun Jika dibandingkan Natal tahun lalu, trafik voice yang dicatat Telkomsel tahun ini jauh menurun yaitu sebesar 14,5%. Sedangkan trafik SMS tercatat juga mengalami penurunan sebesar 2,25% dibanding hari normal dan turun sebanyak 28,5% dibanding malam Natal tahun 2017.

Guna menghadapi libur akhir tahun 2018 yang juga diperkirakan akan berpusat di obyek-obyek wisata, Telkomsel yang telah memiliki sebanyak 184.000 BTS hingga penjuru Nusantara ini telah membangun 776 BTS 4G baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia. Telkomsel juga telah mempersiapkan Installasi 88 Mobile BTS/COMBAT untuk menghindari blank spot di pusat-pusat keramaian selama libur tahun baru 2019.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *