Realme 6 “Kelas Menengah Tampilan Mewah”

Desain 4
Fitur 4
Kinerja 4
Harga 4

Realme menggebrak pasar ponsel Indonesia tahun 2019 lalu dengan beberapa varian produk dan realme 5 series merupakan produk unggulannya. Hal ini karena realme 5 series memiliki banyak varian dengan spesifikasi tinggi namun dijual dengan harga sangat terjangkau. Kini era realme 5 sudah usai yang ditutup dengan kehadiran realme 5i pada awal 2020 lalu. Kini realme menghadirkan realme 6 series yang merupakan pengembangan dari realme 5 Pro. Bagaimana performa dan rupa realme 6 series? Yuk kita simak ulasannya berikut.

Saat pertama kali membuka kardus realme 6 atau bahasa kerennya unboxing, kami langsung mengagumi perpaduan warna layarnya yang hitam kelam dan sisi lainnya yang cerah. Kebetulan yang kami pegang adalah realme 6 yang berwarna Comet White pada bagian belakngnya. Comet White adalah warna putih yang mirip dengan mutiara sehingga terdapat nuansa kebiruan. Nuansa warna putih mutiara ini makin keren dengan efek pantulan obyek sekitar maupun cahaya yang berusat pada satu titik di bawah.

Tak hanya itu, lis warna silver yang mengelilingi bodi ponsel nampak serasi mengiringi perpindahan warna gelap layar menuju warna cerah pada bodi belakang. Entah pada varian lain yang tersedia yaitu Comet Blue, namun kombinasi warna silver pada lis menuju Comet White terasa sangat serasi. Sedangkan soal ergonomis, realme 6 nyaman saat digenggam tidak terdapat rasa licin yang berlebihan serta permukaan yang kasar. Seperti ponsel pada umumnya terdapat dua tombol volume dan lubang kartu SIM pada sisi kiri. Sedangkan lubang USB Type C pada bagian bawah dan speaker serta lubang 3.5mm.

Yang unik dari realme 6 adalah pada bagian sisi kanan terdapat tombol power dengan ukuran dan bentuk yang berbeda dari biasanya. Tombol power yang biasanya sama bentuk dengan tombol volume namun pada reme 6 memiliki bentuk yang agak lebar dengan tekstur di permukaannya. Hal ini karena tombol power yang ada pada realme 6 juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari saat akan menyalakan ponsel. Meski hal ini bukanlah teknologi baru namun penempatan pemindai sidik jari di sisi kanan ponsel menjadi sebuah alternatif dibanding menempatkannya di bagian belakang atau pada layar.

Satu diantara beberapa hal yang menjadi unggulan dari realme 6 adalah layarnya. Layar realme 6 bakal terasa lebih lembut berkar refresh rate yang mencapai 90Hz yang membuat layarnya layak disebut Ultra Smooth Display. Layar ini sedikit dibawah layar ponsel gaming yang memiliki refresh rate hingga 120 Hz. Realme 6 memiliki ukuran layar seluas 16.5cm (6.5”) Fullscreen yang cukup lebar dengan resolusi 2400×1080 FHD serta memiliki kecerahan 480nits. Layar ponsel ini juga makin lengkap dengan Screen-to-body ratio 90.5% dengan protease layar Corning Gorilla Glass 3.

Dibanding realme 5 Pro, kamera realme 6 memang mengalami peningkatan yang cukup banyak terutama pada sensor. kamera utama realme 6 menggunakan sensor Samsung GW1 64MP 1/1,72 inci, aperture besar f/1,8, dan lensa 6P. Kamera ponsel ini memiliki mekanisme 4-in-1 pixel binning cerdas Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel 1,6μm. Hal ini dapat meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah dengan detail yang baik.

Realme 6 menawarkan set-up quad camera terbaru, terdiri dari kamera utama 64MP, ultra wide-angle 8MP 119°, 2MP lensa makro serta 2MP lensa potret B&W. Tak ada yang berubah dari susunan quad camera yang ada pada realme 6 dibanding realme 5 Pro kecuali sensor kamera utama yang 64 MP. Fitur kamera yang disediakan pada ponsel ini juga cukup lengkap seperti Ultra 64MP Mode, Super Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion, Bokeh Effect Control.

Satu lagi yang berbeda dari kamera realme 6 dibanding pendahulunya yaitu penempatan kamera depan yang menggunakan 16MP In-display Selfie Camera. Kamera mungil dengan apperture sebesar f2.0 ini terletak di kiri atas layar dengan dukungan beberapa mode seperti mode smart beauty, dan Efek Bokeh. Juga dikembangkannya algoritma kecantikan baru untuk jenis kelamin yang berbeda, jenis kulit yang berbeda, dan bentuk serta fitur wajah yang berbeda agar pengambilan gambar selfie menjadi lebih mudah.

Kamera yang ada pada realme 6 juga bisa digunakan sebagai peralatan videografi yang andal. Hal ini karena realme 6 memiliki beberapa fitur yang mendukung pembuatan video seperti Stabilisasi Video UIS yang dapat mengurangi banyak guncangan saat merekam video dalam keadaan bergerak. Ada pula Video Ultra Wide-angle sehingga Gadgetarian bisa merekam video dengan sudut pandang yang lebih luas layaknya layar bioskop. Video Efek Bokeh Real-time juga ada pada kamera realme 6 sehingga pembuatan video menjadi lebih kreatif.

Baca juga: realme 6 hadir di Indonesia Pekan Depan

Untuk ketajaman dan kualitas gambar video dari kamera realme 6 bisa dibilang bagus karena perekaman videonya memiliki beberapa kualitas yang diantaranya kualitas 4K/30fps. Perekaman video slo-mo 1080P/120fps 720p/240fps sudah ada pada ponsel ini. Begitu pula pada kamera depan yang juga bisa mengambil gambar Video dengan Efek Bokeh Real-time.

Realme 6 berbeda dalam penggunaan chipset dibanding realme 6 Pro yang menggunakan Snapdragon 712. Realme 6 menggunakan Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm) dengan CPU Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55). Nampaknya realme ingin mengurangi beban produksi agar realme 6 menjadi lebih terjangkau dengan menggunakan Mediatek G90T. Perpaduan chipset dengan CPU ditambah dengan RAM berkapasitas 8GB diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya terutama saat digunakan untuk bermain game.

Meski tak terlalu powerfull, namun kombinasi CPU, GPU dan RAM yang digunakan membuat bermain game jadi menyenangkan dan lancar. Saat kami gunakan untuk bermain Aspalt, kinerja grafisnya berjalan dengan lancar saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Saat kami menguji dengan menggunakan Geek Benchmark, hasilnya tak terlalu mengejutkan.

Realme 6 menggunakan baterai berkapasitas 4300 mAh yang cukup besar terlebih realme 6 juga dibekali pengisian daya cepat dengan kapasitas 30W. Kapasitas pengisian daya ini lebih besar dari realme 5 Pro yang menggunakan 20W. Dengan 30W Flash Charge yang baru ditingkatkan, baterai dapat terisi penuh dalam waktu 60 menit. Dan hanya dalam 30 menit, dapat mengisi hampir 70%. Bahkan kepala chargernya saja terlihat besar dan berbeda dibanding je-ala charger sebelumnya.

Jika Gadgetarian members realme 6 maka Gadgetarian akan mendapatkan satu pak berwarna kuning bertoliskan realme 6 berisikan satu unit realme 6, kabel charger dan kepala charger. Jangan cari-carai headset ya karena headset tidak tersedia namun ada casing karet bening yang bisa digunakan untuk melindungi bodi realme 6

Harga:
Rp 3.699.000

Kesimpulan
Realme 6 tampil lebih dewasa dibanding pendahulunya. Warna putih mutiara seperti yang diterapkan pada realme X menjadikannya elegan jauh dari kesan dinamis. Untuk harga Rp 3 jutaan realme 6 layak untuk dimiliki.

Spesifikasi
Dimensi/berat:
162.1 x 74.8 x 8.9 mm/191gr
Layar:
6,5”, 1080 x 2400 pixels, 20:9 rasio, Corning Gorilla Glass 3, 480 nits, 90Hz
Chipset:
Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm), Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), Mali-G76 MC4
OS:
Android 10.0; Realme UI
Memori
8GB RAM, 128GB ROM
Kamera:
Quad camera 64MP, wide, ultra wide, Macro , 16 MP, f/2.0, 26mm (wide) kamera depan
Video:
2160@30fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS
Baterai:
Non-removable Li-Po 4300 mAh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *