Connect with us

News

Seleksi XL Future Leaders Diawali dari Sumatera

Published

on

Pembukaan angkatan baru Program XL Future Leaders (XLFL) diawali seleksi perekrutan mahasiswa peserta dari wilayah Sumatera, salah satunya Nanggroe Aceh Darussalam. Sekitar 100 peserta dari beberapa perguruan tinggi di provinsi tersebut mengikuti seleksi di Banda Aceh, 14-15 September 2016. Mereka memperebutkan 150 beasiswa XLFL selama 2 tahun.

Vice Presiden Corporate Communication XL, Turina Farouk, mengatakan, “Program XLFL sudah masuk tahun ke- 5, ini adalah rekrutmen untuk angkatan ke-5. Kurun waktu 5 tahun ini Tidak kurang dari 54.000 orang mahasiswa yang telah mendaftar untuk mengikuti seleksi di seluruh Indonesia. Seiring dengan semakin tersosialisasinya program ini ke kalangan mahasiswa, semakin tinggi minat mereka untuk bisa mendapatkan tempat dalam program kepemimpinan ini. Kami berharap semakian banyak mahasiswa dari luar Jawa yang lolos tahun ini nanti, dengan demikian manfaat program ini juga semakin merata ke berbagai daerah.”

Program XLFL tidak begitu asing bagi mahasiswa Aceh. Sejak tahun pertama XLFL, sudah ada mahasiswa dari kampus Aceh yang mengikuti program ini. Khusus tahun ini, seleksi dilakukan langsung di Banda Aceh karena semakin banyak peserta yang lolos ke tahap seleksi kedua. Tahun ini jumlah peminat semakin meningkat dari berbagai bidang pendidikan seperti dari Kedokteran, Sastra, Antropologi, Teknik, Ekonomi, dan Komunikasi.

Selain Aceh, seleksi di wilayah Sumatera juga dilangsungkan di Medan dan Palembang. Sedangkan untuk Bengkulu, Padang, dan Lampung akan dilakukan seleksi secara virtual. Total, ada sekitar 500 orang mahasiswa yang mendaftar XLFL dari seluruh wilayah Sumatera. Jika Aceh ternyata mampu lolos sebanyak 1 kelas atau sekitar 25 maka akan dibuka kelas di Banda Aceh.

Secara nasional lebih dari 11.500 mahasiswa telah mendaftar program ini untuk tahun angkatan kelima, sejak Maret 2016. Para pendaftar berasal dari sekitar 200 kampus, yang 55 kampus di antaranya adalah perguruan tinggi negeri. Walaupun XL akan memberikan kesempatan yang lebih longgar kepada seluruh mahasiswa dari Indonesia Timur untuk mengikuti program XLFL namun mereka tetap harus melalui prosedur dan mekanisme yang sama dengan yang lain dalam tahapan tes.

Bagi mereka yang lolos seleksi dan mendapatkan beasiswa XLFL, sejumlah manfaat akan didapatkan. Mereka akan mendapatkan pelatihan softskill dan pengembangan kepemimpinan selama 2 tahun, dengan kurikulum Internasional yang berakar pada kekayaan budaya Indonesia.

XL Future Leaders adalah program pendidikan soft skill untuk melatih jiwa kepemimpinan. Berbekal kemampuan akademis dan kemampuan soft skill seperti yang diajarkan dalam program ini, mereka akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan, termasuk bersaing dengan dalam merebut posisi-posisi penting di berbagai bidang.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *